Bukan Bumbu Mie Instan yang Bisa Sebabkan Kanker, Tapi Ini Lho Penyebabnya

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Bukan Bumbu Mie Instan yang Bisa Sebabkan Kanker, Tapi Ini Lho Penyebabnya Sumber: The Wellthy Magazine

Winnetnews.com - Mie instan memang menjadi makanan favorit hampir semua orang. Selain rasanya yang enak serta harganya yang murah, mie instan juga mudah dimasak. 

Tapi pasti sering dong, mendengar kalau mie instan itu berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kanker jika dimakan terlalu sering. Faktanya, belum ada bukti ilmiah lho yang menjelaskan secara pasti kalau mie instan dapat menyebabkan kanker.

Seperti yang diketahui, kanker itu bisa disebabkan oleh apapun. Mulai dari kelainan atau mutasi genetik, keturunan, rokok, alkohol, sinar matahari, radiasi, virus, hingga infeksi.

Mengutip dari Family Doctor, mie instan dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung terigu, sayuran kering, bubuk kering, dan minyak dalam bumbu. Sedangkan mienya dibuat dari tepung gandum yang sama sekali tidak berbahaya untuk tubuh.

Secara keseluruhan, mie instan sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi dan tidak ada zat yang dapat menimbulkan kerusakan pada manusia.

Masalahnya, mie instan biasanya ada yang dijual dengan menggunakan cup atau mangkuk yang terbuat dari styrofoam. Wadah inilah yang paling rawan menyebabkan penyakit kanker, jika terkena suhu yang terlalu panas.

Menurut National Research Council di Amerika Serikat, wadah styrofoam yang mengandung styrene memiliki sifat karsinogen terhadap manusia sehingga dapat menyebabkan kanker. 

Berdasarkan laporan dari National Toxicology Program, Department of Health and Human Service di Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa styrene telah dimasukkan ke dalam kelompok yang cukup diantisipasi dalam penyebab kanker. Sebab, styrene dapat masuk ke dalam minuman atau makanan jika menggunakan wadah jenis styrofoam.

Jadi, bukan bumbu mie instan lah yang dapat menimbulkan kanker. Namun perlu juga diingat, kalau mie instan memiliki residu yang menyebabkan makanan tersebut tidak mudah dicerna oleh tubuh dan berbahaya bagi kesehatan.

Agar tidak terkena obesitas, jangan lah terlalu sering memakan mie instan secara berlebihan. Selain itu, lebih baik ganti wadah mie instan dengan yang lain, jika saat kita membeli mie tersebut berada di styrofoam.

Apa Reaksi Kamu?