Bukan Dikubur, di Negara Ini Jasad Manusia Diubah Jadi Pupuk

Nurul Faradila

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Bukan Dikubur, di Negara Ini Jasad Manusia Diubah Jadi Pupuk
Ilustrasi pupuk. Foto: Healthline

Winnetnews.com -  Jasad orang yang sudah meninggal biasanya akan dikubur atau dikremasi. Namun, hal berbeda justru terjadi di pinggiran kota Denver, Amerika Serikat, di mana jasad tersebut dijadikan sebagai pupuk kompos.

Seth Viddal dari The Natural Funeral di Lafayette, telah melobi Leglisatif Colorado untuk opsi tersebut dan membangun kapal prototipe di kawasan industri setelah RUU bipartisan ditandatangani menjadi undang-undang.

Hal ini dilakukan oleh Viddal dengan tujuan membuat kamar mayat yang lebih ramah lingkungan.

“Ini adalah proses alami di mana tubuh dikembalikan ke tingkat unsur dalam waktu singkat. Ini adalah proses yang sama tetapi dilakukan dengan tubuh manusia di dalam kapal, dan dalam kasus kami, dalam lingkungan yang terkendali,” ujar Seth Vaddal dikutip dari AP.

Jasad manusia pupuk
Jasad manusia diubah jadi pupuk. Foto: AP

Kotak yang digunakan oleh mereka berukuran 2 meter, dengan lebar 3 kaki, dan kedalamannya mencapai 3 kaki. Selain itu, bagian atasnya dilengkapi dengan bahan tahan air dan dikemas memakai serpihan kayu, serta Jerami.

Agar mudah dibawa, kotak tersebut juga dilengkapi dengan dua roda spool besar di kedua sisinya.

“Pengomposan itu sendiri adalah fungsi yang sangat hidup dan dilakuakn oleh organisme hidup… Ada miliaran mikroba, makhluk hidup di saluran pencernaan kita dan hanya terkandung dalam tubuh kita. Dan ketika satu kehidupan kita berkahir, kehidupan mikroba itu berarti tidak berhenti,” jelasnya.

Dalam waktu enam bulan, tubuh, serpihan kayu, dan Jerami akan berubah menjadi tanah yang cukup untuk mengisi bak truk pikap.

Anggota keluarga diketahui bisa menerima tanah tersebut, namun tidak boleh diperjual belikan secara bebas atau digunakan secara komersial.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...