Bukan Menumpas Kejahatan, Spiderman Ini Malah Membersihkan Sampah di China
Foto: OddityCentral

Bukan Menumpas Kejahatan, Spiderman Ini Malah Membersihkan Sampah di China

Rabu, 3 Mei 2017 | 15:06 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Dengan jutaan orang China mengunjungi gunung suci di negara ini setiap tahun, membuat tempat ini untuk bisa terbebas dari sampah sangat sulit dilakukan. Untunglah, di sanalah pembersih Spiderman masuk.

Orang-orang yang berdedikasi ini, setiap wanita mempertaruhkan nyawa mereka setiap hari, rappelling menuruni tebing curam untuk mengambil botol plastik, tas dan berbagai sampah lainnya yang dilemparkan ke sana oleh wisatawan yang tidak beradab.

Pembersih spiderman mendapatkan nama mereka dari sifat berbahaya dari pekerjaan mereka. Foto yang dirilis di media menunjukkan bahwa mereka menjuntai ribuan kaki di atas tanah di sisi tebing gunung yang curam, hanya dengan tali pengaman atau kabel, karena mereka berusaha mengumpulkan sampah yang sulit dijangkau.

Dalam upaya untuk menyoroti bahaya pekerjaan mereka dan membuat wisatawan berpikir dua kali sebelum membuang sampah sembarangan, beberapa pembersih benar-benar menukarkan seragam reguler mereka untuk kostum Spiderman. Ini membuat mereka menjadi terkenal. Banyak wisatawan yang sering berhenti menonton Spiderman dalam versi kehidupan nyata, mereka turun ke jurang untuk mengambil sepotong sampah, memberi mereka tepuk tangan saat menyelesaikan misi mereka.

image0

Media China sering menggambarkan pembersih Spiderman sebagai pahlawan, dan untuk alasan yang bagus. Namun pekerjaan ini tak jauh dari resiko, cedera sering terjadi dan stres begitu besar sehingga orang terkadang pingsan dalam pekerjaan. Pada tahun 2014, surat kabar China menulis tentang pembersih Spiderman wanita yang pingsan saat membersihkan monumen batu raksasa di Meng Mountain Guimeng Scenic Spot di Linyi, Provinsi Shandong.

image1

Karena pekerjaan ini tak mudah, dan jasa mereka sangat besar demi kebersihan lingkungan, mereka berhak mendapat penghargaan yang mahal. Misalnya, dua tahun yang lalu, Guimeng Scenic Spot menawarkan 10.000 yuan ($ 1.600) per hari untuk upah Spiderman ini, namun juga menyebutkan bahwa pekerjaan itu harus dilakukan "dengan risiko Anda sendiri".

Peng Wen, yang telah membersihkan sampah Gunung E'Mei selama 17 tahun terakhir, mengatakan bahwa dia telah melihat penurunan yang luar biasa dalam jumlah sampah turis dalam beberapa tahun terakhir, yang berarti dia tidak harus mempertaruhkan nyawanya sesering dulu.

image2

Jadi, di manapun kamu berada, usahakan untuk membuang sampah pada tempatnya ya. Agar tidak menyusahkan orang lain. Sekaligus membuat lingkungan bersih dan sedap dipandang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...