Bukan Mustahil Stres Melanda saat Puasa, Nih Cara Menghilangkannya!
cara mudah hilangkan stres saat berpuasa tanpa capek / foto: istimewa

Bukan Mustahil Stres Melanda saat Puasa, Nih Cara Menghilangkannya!

Senin, 28 Mei 2018 | 09:50 | kontributor

winnetnews.com - Stres seringkali menimpa seseorang, siapapun, kapanpun dan dimanapun. Meskipun berpuasa, tidak jarang stress juga datang menimpa. Saat berpuasa kita diwajibkan untuk menahan amarah dan mengontrol emosi. Agar pahala puasa tidk berkurang, kita mesti tau bagaimana cara mengendalikan stress yang bisa datang secara tiba-tiba.

Dari pada marah-marah karena stress, ada cara lain untuk meredakan stress yang tidak memerlukan banyak tenaga. Kamu bisa melakukannya dengan cara keluar ruangan (rumah atau kantor) untuk berjalan santai. Cara ini bukan omong kosong belaka loh. Sebab dalam sebuah penelitian terbaru dari 'University of Connecticut' menyebut, keluar rumah lalu jalan-jalan santai di mal sudah mampu mengembalikan mood dan meredakan gejala depresi yang dirasakan seseorang.

Peneliti membuktikannya dengan mengamati 419 orang dewasa sehat yang dipakaikan accelerometer atau pengamat aktivitas fisik di tubuhnya selama empat hari. Kemudian partisipan juga diminta mengisi kuesioner tentang kondisi mental, tingkat depresi, dan tinggi rendahnya toleransi rasa sakit mereka.

Menariknya, peneliti juga mengatakan bahwa jalan santai seperti di mal jauh lebih efektif meredakan stres ketimbang jogging.

Menurut temuan peneliti, mereka yang meluangkan waktunya untuk jalan kaki barang sebentar setiap hari dilaporkan memiliki tingkat kesejahteraan psikis yang lebih baik. Sebaliknya, mereka yang kebanyakan duduk justru sering terlihat tidak bahagia.

Apalagi jika yang bersangkutan berkenan meningkatkan intensitas aktivitas fisiknya dari ringan ke sedang, sebab juga akan terjadi peningkatan kesejahteraan fisik yang lebih besar daripada yang mulanya hanya duduk-duduk saja lalu memperbanyak jalan kaki.

"Nyatanya kita tak butuh olahraga yang berat untuk melihat manfaatnya, karena justru yang berdampak langsung adalah aktivitas fisik dengan intensitas ringan maupun sedang seperti ini," kata peneliti, Gregory Panza seperti dilaporkan dari laman Health.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...