Bukan Rakus, Makan Beragam Jenis Makanan itu Penting!

Bukan Rakus, Makan Beragam Jenis Makanan itu Penting!

Kamis, 15 Sep 2016 | 15:35 | kontributor

WinNetNews.com - Sudah tidak terbantahkan lagi, sebagian orang akan cenderung memilih makanan tertentu untuk dikonsumsi. Padahal memakan beragam jenis makanan sangatlah bermanfaat untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Setiap bahan makanan yang ada dibumi memiliki nutrisi yang berbeda-beda. Kita tidak akan bisa mendapatkan beragam nutrisi hanya dari satu jenis bahan makanan saja.

Semakin banyak variasi makanan yang kita makan, asupan yang masuk ke dalam tubuh pun semakin baik. Hal ini bukan mitos, sebuah studi menunjukan bahwa wanita yang makan 16 - 17 jenis makanan sehat, menurunkan resiko kematian sebanyak 42% dibanding dengan wanita yang makan kurang dari 9 jenis makanan sehat.

Studi lain menunjukkan bahwa orang yang makan makanan yang sama berulang-ulang cenderung lebih tidak sehat. Dibanding orang yang makan berbagai jenis makanan.

Peneliti mengatakan orang yang mengonsumsi makanan yang sama terus menerus lebih mungkin mengalamai perkembangan sindrom metabolik yang mempengaruhi kondisi kesehatan. Seperti tekanan darah dinggi, gula darah tinggi dan peningkatan lemak tubuh yang dapat memicu sakit jantung dan diabetes.

Orang yang makan berbagai macam makanan cenderung lebih ramping. Makan berbagai makanan juga meningkatkan keragaman bakteri dalam usus sehingga dapat menjaga berat badan sekaligus menjauhkan dari berbagai penyakit.

"Tiap tipe makanan dan mikronutrien tampaknya memiliki (bakteri) spesialis yang bermanfaat. Jadi pola makan terbaik adalah makan sedikit dari tiap jenis makanan" ujar Mark Heiman, wakil presiden di perusahaan bioteknologi, Microbiome Therapeutics.

Jadi, yang terbaik konsumsi semua makanan sehat seperti buah dan sayuran, biji-bijian, susu dan protein rendah lemak dan lemak sehat setiap hari. Cobalah konsumsi secara bergantian.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...