Bukan Wahabi Salafi, PKS Nilai Pintu Masuk Terorisme Adalah Ekonomi dan Ketidakadilan
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera

Bukan Wahabi Salafi, PKS Nilai Pintu Masuk Terorisme Adalah Ekonomi dan Ketidakadilan

Rabu, 31 Mar 2021 | 17:08 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menaggapi pernyataan yang menyebut pintu masuk terorisme di Indonesia adalah melalui paham Wahabi dan Salafi.

Menurutnya anggapan itu salah karena pintu masuk terorisme bisa jadi karena pikiran, faktor ekonomi maupun rasa ketidakadilan.

“Terorisme adalah musuh kita semua. Terorisme biasanya tidak tunggal penyebabnya. Bisa karena pikiran, ekonomi, rasa ketidakadilan dan sering kali gabungan dari keseluruhannya,” ujar Mardani Ali Sera.

Ia pun meminta terkait pernyataan yang menyebut Wahafi atau Salafi menjadi pintu masuk terorisme dapat dikaji terlebih dahulu oleh ulama.

Adapun terkait pernyataan yang menyebut Wahabi Salafi sebagai pintu masuk terorisme, Mardani meminta hal itu dikaji terlebih dulu oleh para ulama di Indonesia.

“Terkait dengan pernyataan pikiran Salafi Wahabi sebagai penyebab terorisme, monggo (silahkan) para ulama membuat kajian penilaian. Kalau itu sebabnya, monggo diputuskan karena apapun lagi-lagi terorisme adalah musuh kita bersama,” ucapnya.

Mardani juga menekankan untuk tidak mengaitkan terorisme dengan agama. Menurutnya, aksi terorisme sama sekali tidak berkaitan dengan Islam.

“Tapi hati-hati ketika kita melihat terorisme dikaitkan dengan agama karena tidak ada kaitan terorisme dengan Islam dan agama. Karena di semua agama, di semua pikiran dan elemen bisa ada terorisme,” tuturnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...