Bukti Wortel Bagus Untuk Kesehatan Mata

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Bukti Wortel Bagus Untuk Kesehatan Mata

WinNetNews.com – Ketika kita masih kecil, orangtua kita sering bilang bahwa sayur-sayuran itu bagus untuk tubuh. Salah satunya wortel bagus untuk mata. Benar adanya sayuran wortel bagus untuk kesehatan mata. Terdapat penelitian membuktikan bahwa pigmen bernama karotenoid yang terdapat dalam wortel dan bayam, memang dapat memperlambat proses penuaan manusia, yang biasa disebut age-related macular degeneration (AMD).

 

Nah, AMD inilah yang sering membuat kemampuan melihat manusia menurun. Penelitian terbaru yang diangkat dalam Lancet Global Health memprediksi, pada tahun 2020 mendatang, akan ada 196 juta orang mengalami gangguan mata, dan ini akan meningkat pada 2040, menjadi 288 juta orang.

Melansir Dailymail, sebuah studi di Harvard University menunjukkan hasil bahwa orang yang rajin makan asupan mengndung karotenoid (salah satunya ada di wortel) memiliki peluang 40 persen selamat dari gangguan mata, ketimbang mereka yang tidak suka wortel. Wortel dan kentang manis, adalah dua jenis bahan makanan yang banyak mengandung karotenoid alpha dan beta. Penelitian yang kemudian juga dimuat oleh jurnal JAMA Opthalmology ini, juga menyatakan bahwa orang yang biasa makan wortel, akan selamat ketika gejala AMD muncul, karena ia akan maju sebagai penangkal.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});