Bulan Ini Beberapa Fenomena Langka Akan Terlihat di Langit 
ilustrasi

Bulan Ini Beberapa Fenomena Langka Akan Terlihat di Langit 

Jumat, 5 Mei 2017 | 11:36 | Rusmanto

WinNetNews.com - Mei 2017 menjadi periode yang pas untuk mengintip fenomena luar angkasa yang langka.

Pasalnya, pada bulan ini, kita semua secara tidak langsung bisa melihat penampakan tiga planet dalam waktu berbeda dengan mata telanjang. Ketiganya adalah Venus, Jupiter, dan Saturnus.

Kamu bisa mengintip ketiganya bertengger bersamaan di langit tanpa harus menggunakan teleskop. Pun demikian, kamu tak bisa melihatnya secara detail.

Menggunakan teleskop pun hanya menampilkan ketiga titik planet, bukan memperlihatkan wujud ketiganya secara menyeluruh.

Menurut laporan Mirror , Selasa (2/5/2017), Jupiter akan tampak jelas di langit malam hari pada 7 Mei 2017. Saat itu, astronom NASA menyebut, cahaya planet raksasa ini akan menyamai intensitas cahaya Bulan.

Sementara, untuk Saturnus, kamu bisa menyaksikannya pada 14 Mei 2017 waktu malam hari. NASA mengungkap, Venus juga akan tampak di langit malam hari menjelang akhir Mei 2017.

Jupiter sebelumnya juga bisa dipandang secara langsung dari Bumi pada Maret 2017. Hanya saja, fenomena langka itu akan lebih jelas jika dilihat dari wilayah Inggris dan Eropa Barat. Waktu terbaik melihatnya ada di kisaran pukul 22.00 hingga 23.00 waktu setempat.

Saat itu, Jupiter tampak bersamaan dengan Bulan. Namun, posisinya sedikit lebih rendah dari Bulan. Selain itu, tampak pula 67 bulan kecil milik Jupiter dengan rupa titik bercahaya, di antaranya ada Ganymede, Io, dan Europa.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...