Bulan September, 10 Stasiun TV Nasibnya Diputuskan

Bulan September, 10 Stasiun TV Nasibnya Diputuskan

Selasa, 16 Agt 2016 | 17:25 | Rike
WinNetNews.com-Perpanjangan izin siar 10 stasiun televisi swasta bakal diputuskan pada forum rapat bersama yang kemungkinan bakal digelar September. Forum rapat bersama (FRB) ini melibatkan Komisi Penyiaran Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, juga Komisi I DPR.

Ke-10 stasiun televisi itu diantaranya ANTV, GlobalTV, Indosiar, MetroTV, MNCTV, RCTI, SCTV, TransTV, Trans7, dan TVOne. Menurut Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis izin siar sebagian besar lembaga penyiaran tersebut memang akan habis di bulan Oktober. Sehingga, FRB akan digelar sebelum itu. Kini, menurut dia, KPI tengah mengumpulkan data komposisi iklan setiap stasiun televisi dalam 10 tahun terakhir. Data itu mesti rampung sebelum bertemu dengan Komisi I DPR.“Ini permintaan DPR, mereka minta data iklan 10 tahun terakhir. Ini hari terakhir pengumpulan dari semua lembaga penyiaran dan semuanya sudah masuk,” terangnya,Senin (15/8/2016).

Sesuai UU Nomor 32 Tahun 2002 mengenai Penyiaran, komposisi iklan tiap lembaga penyiaran adalah maksimal 20% dari total waktu siaran per hari. Data itu akan diverifikasi ulang oleh KPI sebelum dibawa ke FRB. Di forum ini nantinya akan diputuskan apakah masing-masing stasiun televisi dapat memperpanjang izin siar atau tidak. Selain rekomendasi kelayakan (RK) yang diberi KPI, komponen lain yang perlu dalam perpanjangan izin yaitu izin administrasi prinsip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Yuliandre menyebut, RK dan izin prinsip sudah beres sehingga tinggal menunggu hasil forum rapat bersama. “Yang lain-lainnya tidak ada masalah, termasuk kepemilikan saham media. Keputusan akhirnya di FRB,” tambahnya.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...