BUMN RI Pertamina dan Iran NIOC kerjasama, kembangkan ladang minyak

BUMN RI Pertamina dan Iran NIOC kerjasama, kembangkan ladang minyak

Senin, 8 Agt 2016 | 19:18 | Rike
WinNetNews.com-BUMN RI PT Pertamina (Persero) Indonesia dan National Iranian Oil Company (NIOC) milik Iran, telah melakukan penandatangan nota kesepahaman studi pendahuluan pengembangan dua ladang minyak skala besar di negara Timur Tengah tersebut.

Menurut Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin mengungkapkan, kedua lapangan minyak raksasa di Iran tersebut adalah Ab-Teymour dan Mansouri (Bangestan-Asmari). Kedua ladang yang berlokasi di daratan (onshore) Iran tersebut diperkirakan miliki cadangan lebih dari lima miliar barel. Penandatanganan yang dilakukan Dwi Soetjipto dan Managing Director NIOC Ali Kardor disaksikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Islam Iran juga merangkap Republik Turkmenistan Octavino Alimudin di Teheran, Iran.

Selain peluang bisnis di hulu, kedua perusahaan ini pun sepakat menjajaki peluang bisnis lain.Dari nota kesepahaman itu, Pertamina miliki waktu enam bulan untuk melakukan studi dan selanjutnya menyampaikan proposal pendahulan untuk pengembangan kedua lapangan tersebut.Dalam upaya penyiapan proposal itu, NIOC bakal membuka informasi dan bekerja sama dengan tim Pertamina dalam bentuk kelompok kerja bersama (joint working group).Pertamina berharap agar usai nota kesepahaman, kerja sama Pertamina dan NIOC dapat terealisasi dalam bentuk lebih konkret berupa kesepakatan kontrak untuk kedua lapangan tersebut.

Kini Iran menyiapkan kontrak perminyakan Iran (Iranian Petroleum Contract) yang bakal menandai babak baru industri migas di negara tersebut."Iran merupakan salah satu prioritas Pertamina. Kami serius melakukan investasi hulu yang akan mendukung Iran dalam meningkatan produksinya, di sisi lain langkah ini sejalan dengan upaya perusahaan dalam mendukung ketahanan energi nasional," tulis Dwi.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...