Skip to main content

Bunga Kredit Usaha Rakyat Jadi 9%

Bunga Kredit Usaha Rakyat Jadi 9
Bunga Kredit Usaha Rakyat Jadi 9

Pemerintah akan menurunkan kembali bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun depan menjadi 9%; yaitu dengan cara memberikan subsidi bunga.

Awalnya tingkat bunga KUR dipatok 22% dan kemudian diturunkan menjadi 12% tahun ini. Bila tahun depan bunganya turun lagi menjadi 9%, maka pemerintah memperkirakan total penyaluran kredit mikro bisa sebesar Rp 120 triliun.

"Tahun depan rencana bunga KUR ini bahkan bisa 9%. Dengan subsidi ini, di APBN kita harapkan outstanding kredit mikro bisa Rp 120 triliun," kata Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, dalam diskusi Daya Tahan Ekonomi Indonesia, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Menurut Bambang, sejak bunga KUR turun jadi 12% di awal Agustus lalu, outstanding kredit mikro sudah mencapai Rp 30 triliun.

"Subsidinya pemerintah dan bank juga bantu, pemerintah keluarkan uang buat subsidi, tak ada lagi agunan karena ada jaminan kredit. Pemerintah sudah talangi untuk Jamkrindo dan Askrindo," imbuhnya.

Selain memberikan subsidi, pemerintah juga menjamin kredit tersebut sehingga para peminta kredit tak perlu menyiapkan agunan atau jaminan lain.

"Kita juga harapkan jangan seperti sekarang ini, yang mana KUR lebih banyak untuk sektor ritel atau perdagangan, kita maunya kredit KUR ini bisa banyak di sektor produksi," katanya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top