Skip to main content

Bunga KUR 12 persen Per 1 Agustus 2015

Bunga KUR 12 persen Per 1 Agustus 2015
Bunga KUR 12 persen Per 1 Agustus 2015

Jakarta - KUR (Kredit Usaha Rakyat) sudah di terapkan oleh Pemerintah Besaran bunganya yaitu 12 persen dari sebelumnya 22 persen , sasaran KUR ini diharapkan bias menggeser penggunaan KUR ( Kredit Usaha Kecil ) dari sektor perdagangan ke produksi.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menuturkan, seharusnya bunga KUR masih 22 persen, namun pemerintah memutuskan menurunkan bunga KUR jadi 12 persen dan sisanya ditanggung perbankan.

"Mulai 1 Agustus kemarin sudah dijalankan KUR versi baru karena memang fokusnya mikro dulu Rp 30 juta kemudian bunganya disubsidi di bank harus 12 persen dari yang aslinya 22 persen," jelas menkeu dalam diskusi 'Daya Tahan Ekonomi Indonesia' di kantor Relawan Merah Putih,Jakarta, Senin (7/9).

Dijelaskannya, untuk program baru ini, pengusaha sektor mikro akan diberikan keringanan pinjaman tanpa agunan.

"Pemerintah dan bank sama kurangi tingkat bunga dan tidak ada agunan karena sudah ada jaminan kredit. Ada kredit jaminan tersebut PMN Jamkrindo, Askrindo untuk pastikan pengguna KUR tak pakai agunan," tegasnya.

Untuk tahun depan pemerintah menargetkan memangkas bunga KUR menjadi 9 persen. "Dengan sediakan subsidi di APBN dengan harapan out standing PDB Rp 120 triliun. Tahun ini 12 persen out standing Rp 90 triliun," katanya.

Anggota DPR Komisi XI Maruarar Sirait mendukung langkah tersebut. Dia hanya mengingatkan untuk memperkuat pengawasan.

"Jangan sampai nanti non performing loan perbankan naik, yang disalahkan KUR-nya. Penting juga untuk memastikan tidak ada permainan," tegasnya

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top