(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bunuh Diri Pada Remaja, Kenali Faktornya dan Bantu Cegah Perbuatannya!

Oky
Oky

Bunuh Diri Pada Remaja, Kenali Faktornya dan Bantu Cegah Perbuatannya! Sumber foto : google

Winnetnews.com - Pada masa sekarang ini, seringkali kita temui kasus percobaan bunuh diri. Atau, yang lebih parahnya lagi, sampai menjadikan bunuh diri sebagai jalan keluar dari segala macam permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan World Health Organization, setiap 40 detik orang di dunia mengakhiri hidup mereka. Kasus bunuh diri/percobaan bunuh diri ini datang dari orang yang tidak kita kenal sampai orang terdekat kita. Lalu, apa saja faktor yang mendorong mereka melakukan bunuh diri/percobaan bunuh diri? Yuk simak untuk mengenal lebih dalam tentang percobaan bunuh diri!

  1. Body Shaming



    Source : google.com

    Kasus Body Shaming seringkali kita temui di lingkungan kita. Mungkin, menurut beberapa orang itu adalah hal yang biasa. Namun, pernahkah kamu membayangkan seseorang dengan latar kehidupan yang sulit dan mendapatkan kasus Body Shaming  di lingkungannya? Tentu saja itu bukanlah hal yang mudah. Menjadi diri sendiri agar diterima dengan baik di masyarakat adalah hal yang sulit untuk dilakukan. “Banyak banget yang bilang aku pendek sampe aku gapede sama diri sendiri dan sempet mikir kalo I don’t belong here” cerita A, Depok, 28/10/2018.
  2. Bullying



    Source : google.com

    Mulai dari physical bullying, cyber bullying, dan segala jenis bullying lainnya juga merupakan faktor mengapa seseorang melakukan bunuh diri/percobaan bunuh diri. Mungkin, seringkali banyak orang tidak sadar akan perbuatan yang mereka lakukan itu termasuk bullying dan menyebabkan depresi kepada orang lain. “bertahan dengan bully dari orang-orang itu engga mudah. Aku beruntung masih punya orang terdekat yang mau denger semua keluh kesah aku. Coba bayangin gimana kalau orang yang jadi korban bully dan gapunya orang terdekat buat diajak bicara” A menambahkan.
  3. Family Problem



    Source : google.com
    Masalah yang seringkali dihadapi di rumah dan berkaitan dengan keluarga juga bisa menjadi salah satu alasan seseorang melakukan bunuh diri/percobaan bunuh diri. Menurut sumber yang didapat, orang yang melakukan percobaan bunuh diri karena masalah keluarga merasa mereka tidak ada lagi peduli dengan mereka. “Aku udah punya banyak masalah di luar rumah, dan aku berharap di rumah aku bisa dingertiin, ternyata engga.” kata K, Depok, 31/10/2018.
  4. Merasa kesepian



    Source : google.com
    Orang yang biasanya kita lihat sering tertawa-tawa sebenarnya bisa saja merasa kesepian dan menyimpan banyak masalah. Kita tidak pernah tau latar belakang seseorang. Ketika seseorang merasa kesepian, mereka seringkali merasa tidak ada satu orang pun yang menginginkan kehadirannya sehingga mereka memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.
  5. Putus cinta



    Source : google.com
    Ketika dua orang menjalin hubungan, mereka akan terbiasa dengan situasi dimana mereka selalu punya bahu untuk bersandar, teman cerita, teman hidup, dan rumah untuk pulang.  Dan ketika hubungan itu berakhir, mereka seringkali merasa bahwa mereka telah kehilangan segalanya. Tidak ada lagi orang yang menyayangi, peduli, dan tulus kepada mereka.
  6. Depresi



    Source : google.com
    Menurut sumber yang didapat, depresi adalah penyebab utama mengapa seseorang melakukan bunuh diri/percobaan bunuh diri. Seseorang yang tidak dapat mengutarakan masalahnya dan tidak dapat menemukan seseorang untuk diceritakan segalanya, akan memendam semuanya sendiri dan mengakibatkan depresi. “Aku sempet ngerasa depresi banget tapi beruntungnya aku masih sempet dicegah sama sodara dengan cara dikasih support dan respon-respon positif” kata seorang perempuan berinisial S, Jakarta, 05/11/2018.
  7. Membutuhkan pertolongan



    Source : google.com
    Mereka meminta bantuan, dan tidak tahu lagi bagaimana mendapatkannya. Orang-orang ini biasanya tidak ingin mati tetapi ingin mengingatkan orang-orang di sekitar mereka bahwa ada sesuatu yang sangat salah. Mereka sering tidak percaya bahwa mereka akan mati, sering memilih metode yang mereka pikir tidak dapat membunuh mereka untuk menyerang seseorang yang menyakiti mereka, tetapi mereka kadang-kadang salah secara tragis.
  8. Bipolar



    Source : google.com
    Bipolar adalah gangguan kesehatan seseorang dimana mood mereka bisa berubah secara drastic dan tiba-tiba atau orang seringkali menyebut bipolar adalah kepribadian ganda. Biasanya, orang dengan penyekit ini tidak bias mengutarakan permasalahan mereka dan menyimpannya sendiri. Pada akhirnya, mereka akan bertindak tanpa berpikir panjang.

 

 

Penulis : Alya Faradinda

Mahasiswi The London School of Public Relations, Jakarta.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});