Bupati Banyuasin dan Lima Tersangka Suap Akan Diperiksa KPK

Zaenal Arifin
Zaenal Arifin

Bupati Banyuasin dan Lima Tersangka Suap Akan Diperiksa KPK Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian. Foto: Ist

Jakarta, Winnetnews.com - Bupati Banyuasin, Sumatera Selatan Yan Anton Ferdian, akan menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan ini dilakukan untuk pertama kalinya sejak Yan Anton ditangkapk oleh lembaga antirasuan itu.

Dikatakan Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha, selain Yan Anton Ferdian, KPK juga akan memeriksa lima orang lainnya yang juga terkait suap tersebut.

"Pemeriksaan sebagai tersangka untuk YA (Yan Anton Ferdian), RUS (Rustami), ZM (Zulfikar Muharrami), UU (Umar Usman), K (Kirman), dan STY (Sutaryo)," kata Priharsa di Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Yan Anton Ferdian diamankan KPK melalui operasi tangkap tangan (OTT) di kediamannya. Setelah mengamankan Bupati itu, KPK kemudian mengamankan lima orang lainnya yang berkaitan.

Yan Anton dan lima orang lainnya ditangkap KPK terkait dengan suap di Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin, Sumsel.

Dari tangan Yan, KPK menyita uang Rp 299.800.000 dan USD 11.200. Kemudian dari tangan Sutaryo, KPK menyita Rp 50 juta. Sedangkan dari tangan Kirman, KPK menyita bukti setoran biaya haji ke sebuah biro perjalanan haji sebesar Rp 531.600.000.

Apa Reaksi Kamu?