Bupati Korupsi, KPK Sita USD 35 Ribu
Pintu Kantor Bupati Muara Enim disegel Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (2/9/2019). (Foto:: RRI)

Bupati Korupsi, KPK Sita USD 35 Ribu

Selasa, 3 Sep 2019 | 11:22 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus berupaya meningkatkan kualitasnya dengan melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Pulau Sumatera, Senin (2/9/2019). Meski demikian, penyeleksian calon pimpinan lembaga anti rasuah itu tetap berlangsung.

Tepatnya di Kota Palembang, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), KPK mengamankan Bupati Muara Enim, Ahmad Yani terkait proyek pembangunan di ‘Kota Pempek’ itu. Mengutip Kompas.com, Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan menyatakan empat orang digelandang ke Gedung Merah Putih, KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan.

"Kami duga terdapat transaksi antara pihak pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim dan swasta terkait proyek pembangunan di sana. Empat orang tersebut dari unsur kepala daerah, pejabat pengadaan dan rekanan swasta," kata Basaria dalam keterangan tertulis, Selasa (3/9/2019).

Basaria menyatakan, tim KPK juga mengamankan uang sekitar 35.000 dollar Amerika Serikat.

"Kami duga uang ini terkait proyek di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat," kata dia.

Basaria menuturkan, keempat orang itu kini sedang menjalani pemeriksaan intensif di KPK. KPK akan menentukan status hukum dari pihak yang diamankan dalam waktu 1X24 jam.

"Rencana hari ini [Selasa] akan disampaikan informasi lebih rinci melalui konferensi pers di KPK," ucap dia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...