Bupati Yoyok Dicoret Karena Tidak Ikut 'Fit and Proper Test'

Bupati Yoyok Dicoret Karena Tidak Ikut 'Fit and Proper Test'

Selasa, 6 Sep 2016 | 09:32 | Rusmanto

WinNetNews.com - DPD Partai Gerindra DKI Jakarta mencoret nama Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo dari bursa bakal calon wakil gubernur pendamping Sandiaga Uno.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik menjelaskan alasan pencoretan nama Yoyok karena tak menghadiri fit and proper test yang diselenggarakan di Restoran Al-Jazeera, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Pusat, Senin (5/9/2016) malam.

"Saya ngundang lho, kemarin saya undang dia. Nah sekarang dia enggak datang, kan berarti dia enggak serius, makanya langsung dicoret," kata Taufik.

Taufik mengaku awalnya mendapat konfirmasi dari Yoyok untuk mengikuti fit and proper test. Namun belakangan Yoyok menolak undangan DPD Gerindra DKI Jakarta tersebut.

Dengan demikian, DPD Gerindra DKI Jakarta akan fokus merumuskan bakal calon wakil gubernur pendamping Sandiaga kepada Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah dan Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta Sylviana Murni yang telah mengikuti uji kelayakan tersebut.

Tak hanya Gerindra yang melakukan fit and proper test untuk mencari figur terbaik pendamping Sandiaga pada Pilkada DKI 2017. Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas juga ikut menguji kelayakan Saefullah dan Sylviana.

Selain itu, Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli juga ikut serta meskipun partainya belum resmi menyatakan dukungan kepada Sandiaga.

"Setelah ini kami merumuskan hasil rumusan dan kami serahkan kepada Sandi pilihan-pilihannya. Insya Allah dalam waktu dekat sudah dapat diputuskan," kata Taufik.

Adapun partai politik selain Gerindra yang telah sepakat mengusung Sandiaga adalah PKB. Jumlah kursi kedua partai politik di DPRD DKI Jakarta berjumlah 21.

Syarat partai politik mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur adalah memiliki 22 kursi di DPRD DKI Jakarta.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...