Burkina Faso Punya Presiden Baru

Burkina Faso Punya Presiden Baru

Sabtu, 5 Des 2015 | 15:20 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Presiden pertama sejak pemberontakan rakyat yang menggulingkan Presiden Burkina Faso sebelumnya, Blaise Compaore, sudah terpilih. Ia adalah Roch Marc Kristen Kabore.

Seperti dilansir dari Liputan 6, pemilihan itu dimaksudkan untuk menandai akhir dari masa transisi, berikut penghapusan aturan Compaore. Compaore digulingkan setelah protes merebak pada Oktober 2014, ketika ia mencalonkan diri lagi untuk menjadi Presiden Burkina Faso 5 tahun mendatang. Padahal, dia telah berkuasa selama 27 tahun.

Compaore yang berusia 64 tahun kini tinggal di pengasingan di negara tetangga di Pantai Gading

"Kabore memenangkan pemilihan presiden di Burkina Faso. Kabore yang mantan perdana menteri memenangkan suara 53,5% pada Minggu, 29 November," kata Komisi Pemilihan Nasional Independen setempat seperti dikutip dari BBC, Selasa (1/12/2015).

"Pria 58 tahun itu memenangkan pemilihan langsung dan tidak perlu dilakukan putaran kedua," badan tersebut menjelaskan.

Saingan utamanya, mantan Menteri Keuangan dan Ekonomi Zephirin Diabre, hanya mengantongi 21,6% suara. Meski kalah, Diabre berlapang dada memberi selamat kepada Kabore.

Pemilihan itu seyogianya diselenggarakan September, tetapi tertunda oleh kudeta gagal yang dipimpin oleh anggota pengawal elite presiden.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...