Bypass Lambung Bisa Jadi Solusi Kegemukan?

Bypass Lambung Bisa Jadi Solusi Kegemukan?

Minggu, 11 Sep 2016 | 23:10 | kontributor

WinNetNews.com - Operasi bypass lambung bisa menjadi solusi bagi pemilik tubuh ekstra gemuk. Namun banyak pula yang meragukan, dengan kekhawatiran berat badan akan meningkat lagi setelahnya.

Sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa pasien bypass lambung efektif menurunkan berat badan. Efek ini juga terbukti bertahan hingga setidaknya 10 tahun berikutnya.

Temuan ini terungkap dalam sebuah pengamatan pada pasien bypas lambung, selama 4 dan 10 tahun setelah operasi. Dibandingkan dengan pasien kegemukan yang tidak dioperasi, pasien-pasien bypass lambung mengalami penurunan berat badan lebih signifikan.

Hasil terbaik didapatkan oleh pasien yang menjalani Roux-en-Y gastric bypass (RYGB), yakni mengalami penurunan berat badan 21 persen lebih banyak dibandingkan tanpa operasi. Dibanding jenis operasi lain, penurunan berat badan pada pasien di kelompok ini juga lebih banyak yakni sekitar 10-17 persen.

"Kolega klinis kami terkejut senang sekali bahwa pasien-pasien bisa menjaga penurunan berat badan hingga 10 tahun," kata Matthew Maciejewski dari Durham Veterans Affairs Medical Center yang melakukan penelitian ini, dikutip dari Reuters, Minggu (11/9/2016).

Pada prinsipnya, operasi bypass lambung dilakukan untuk memangkas sebagian ruang di lambung. Berkurangnya kapasitas lambung dalam menampung makanan membuat seseorang merasa lebih cepat kenyang, sehingga asupan kalori juga berkurang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...