Cairan Pelarut TCE Bisa 'sebabkan' Sakit Parkinson

Cairan Pelarut TCE Bisa 'sebabkan' Sakit Parkinson

WinNetNews.com-Hasil penelitian tunjukkan hubungan cairan pelarut dan penyakit Parkinson.

Para peneliti temukan risiko kena Parkinson naik enam kali lipat terhadap orang-orang yang terkena paparan cairan pelarut trichloroethylene(TCE) di tempat kerja mereka. Tim peneliti dari Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Argentina ingin kaji dampak cairan pelarut kepada orang-orang yang terkena paparan, khususnya menyangkut enam cairan pelarut termasuk TCE.

Hasil penelitian tersebut berdasarkan analisa 99 kembar dari data di Amerika Serikat, satu orang yang menderita Parkinson dan kembarannya tak mengalami penyakit itu. Sebab kembar secara genetik memiliki persamaan dan sering memiliki karakter sama, orang-orang kembar diperkirakan dapat jadi kelompok yang lebih mewakili keperluan penelitian.Mereka ditanyai seputar sejarah pekerjaan mereka dan informasi tersebut lalu diperhitungkan tingkat kepaparan mereka kepada cairan pelarut. Mereka juga ditanyai hobi mereka.

"Penelitian kami mengukuhkan bahwa bahan-bahan umum pencemar lingkungan mungkin meningkatkan risiko penyakit Parkinson yang berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat," ungkap Dr Samuel Goldman dari The Parkinson's Institute in Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Penelitian yang dipimpin Dr Samuel ini diterbitkan di jurnal Annals of Neurology. Walau penggunaan cairan pelarut TCE sudah dilarang di berbagai negara, bahan kimia ini tetap sering dipakai sebagai zat pembersih lemak pada logam.

Sumber:bbc.com

Foto: http://radarpena.com/