Cak Nun Ungkap Pilihannya di Pilpres 2019

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Cak Nun Ungkap Pilihannya di Pilpres 2019 Sumber foto: google.com

Winnetnews.com - Tokoh intelektual dan juga budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun membeberkan gambarannya mengenai sosok presiden yang tepat untuk memimpin Indonesia dalam lima tahun mendatang.

Di situs resminya ia menuliskan dan juga turut menegaskan sosok presiden yang dibutuhkan Indonesia bukan mengenai siapa orangnya. Melainkan ‘tahu apa’ dan bisa bagaimana’.

“Presiden yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia bukanlah “siapa”, melainkan “tahu apa” dan “bisa bagaimana”,” tulisnya.

Baginya siapapun bisa dijadikan sebagai presiden Indonesia, namun menurutnya sosok yang dibutuhkan Indonesia adalah orang yang mengetahui kebutuhan mendasar bangsa Indonesia saat ini sampai dengan puluhan tahun mendatang.

Ia pun kerap mengibaratkan Indonesia sebagai bus besar dan rakyat Indonesia sebagai penumpangnya.

Cak Nun memberi pertanyaan kepada kedua paslon perihal kunci dari keselamatan bus yang berisi banyak penumpang tersebut.

“Apakah kunci keselamatan atau kebangkitannya terletak pada sopirnya ataukah pada kondisi bisnya, sasisnya, mesinnya, atau seluruh struktur badannya?” tanya Cak Nun.

“Apakah NKRI perlu ditimbang ulang atau dipertimbangkan kembali segala sesuatunya, dari undang-undang dasar dan bentuk kenegaraannya hingga pandangan hidup dan tujuan sejarahnya, dari pemahamannya terhadap dunia global hingga strategi pembangunannya. Atau tidak,” lanjut Cak Nun.

Selanjutnya ia turut memobahas perihal pemikiran yang diutarakan oleh para calon pemimpin negeri mengenai Indonesia.

“Kalau Capres Cawapres dan para pemimpin Negeri ini berpikir “Indonesia sudah benar dan baik-baik saja”, maka silahkan jalan. Kalau beliau-beliau yakin tidak perlu berpikir ulang dan mempertimbangkan kembali berbagai hal tentang NKRI, saya tidak akan mendesakkan apapun saja. Saya sudah terbiasa menyimpan atau tidak mengungkapkan berbagai macam analisis dan persepsi saya atas kondisi Indonesia,” tulisnya lagi.

Apa Reaksi Kamu?