Calon Haji asal Madura di Tahan Petugas Bandara Arab Saudi kedapatan Bawa Jimat

Calon Haji asal Madura di Tahan Petugas Bandara Arab Saudi kedapatan Bawa Jimat

Jumat, 12 Agt 2016 | 19:08 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Seorang calon haji asal Kabupaten Pamekasan, Madura, berinisial AM ditahan petugas Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi. Pria 46 tahun itu diinterogasi selama beberapa jam karena kedapatan membawa jimat.

“Orang itu bawa benda-benda yang dianggap aneh dan berbahaya oleh pihak Saudi Arabia,” kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur H.M. Sakur, Jumat, 12 Agustus 2016.

Kisah penahanan calon haji kelompok terbang (kloter) 3 itu bermula saat rombongan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, pada Kamis, 11 Agustus 2016, waktu setempat. Sebelumnya, mereka bertolak dari Bandar Udara Juanda, Sidoarjo, pada Rabu, 10 Agustus, pukul 17.30 WIB.

Kala itu, AM menjalani pemeriksaan di bandara setelah turun dari pesawat. Petugas bandara lalu mendapati beberapa benda yang terbungkus sobekan kertas bertuliskan huruf-huruf Arab. “Ada sobekan-sobekan kecil kertas bertuliskan rajah, tapi isinya macam-macam, seperti batu dan uang kuno,” ujar Sakur.

Ternyata, bungkusan yang diduga bahan kimia berbahaya itu berisi batu tawas. Si pemilik bungkusan mengaku benda tersebut adalah jimat. “Petugas sempat menahan dan menginterogasi dia cukup lama,” tutur Sakur.

Beruntung, akhirnya AM diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Namun, gara-gara peristiwa itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur langsung mengeluarkan surat imbauan ke sejumlah daerah yang belum memberangkatkan jemaah calon hajinya. Imbauan itu berisi agar jemaah haji tak perlu membawa benda aneh lagi. “Kami sudah meminta petugas di daerah agar menginformasikan kepada calon haji di daerahnya masing-masing,” ucap Sakur.

Pihaknya juga mengaku telah berkoordinasi dengan petugas Bandara Juanda, Sidoarjo, dan Bea-Cukai. “Mereka sudah bawa alat pemindai yang nantinya mengawasi barang bawaan.”

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...