Calon Jamaah Haji Diimbau Persiapkan Fisik

Calon Jamaah Haji Diimbau Persiapkan Fisik

Jumat, 5 Agt 2016 | 10:00 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Jelang keberangkatan haji ke tanah suci Mekkah, para calon jamaah diimbau untuk mempersiapkan kondisi fisik. Hal itu karena pelaksanaan haji tahun ini kemungkinan besar berlangsung pada musim panas.

“Kami mengimbau kepada seluruh jamaah haji Indonesia agar mempersiapkan fisik secara baik sejak di Indonesia karena musim haji tahun ini kemungkinan besar akan menghadapi musim panas. Itu tentu kita akan lebih mempersiapak diri secara fisik,” papar Kabag Humas Kemenag, Kamis (4/8) malam.

Ia juga mengatakan, pihaknya sudah melakukan pencegahan agar jamaah tidak terserang virus. Salah satunya adalah dengan mengurangi kontak-kontak dengan hewan atau hal-hal yang bisa menyebabkan tertular virus. “Kemudian selalu pakai masker. Misalnya bagi jemaah yang memang punya penyakit bawaan, itu tentu lebih waspada dan selalu membawa obat-obat pribadi,” ujarnya.

Sementara itu, Rosidin menjelaskan, seluruh visa untuk gelombang pertama sudah selesai 100 persen. Untuk gelombang kedua, pihaknya masih punya waktu untuk menyelesaikan sekitar kurang lebih 40 ribu visa lagi.

“Pemberangkatan, transportasi, tadi siang (Kamis, 4 Agustus 2016), sudah meninjau persiapan penerbangan Garuda. Sudah 100 persen siap. Pemberangkatan kloter pertama itu tanggal 9 Agustus 2016,” ujarnya.

Rosidin mengungkapkan, saat ini masalah tempat tinggal selama jamaah berada di Tanah Suci sudah beres. Diharapkan tidak akan ada kendala terkait tempat tinggal jamaah. “Kalau tempat tinggal, itu sudah fix, sudah beres sampai hari ini. Mudah-mudahan enggak ada kendala,” ujarnya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...