Calon Petahana Harus Cuti Kampanye Pilkada atau Tidak?

Calon Petahana Harus Cuti Kampanye Pilkada atau Tidak?

Rabu, 10 Agt 2016 | 12:15 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga saat ini masih memproses peraturan mengenai kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada), termasuk mengenai perlu tidaknya pejabat kepala daerah yang sedang menjabat (petahana) mengambil cuti saat masih kampanye.

Ketua KPU Juri Ardiantoro mengaku bahwa proses penyelesaian Peraturan KPU (PKPU) mengenai kampanye itu termasuk konsultasi dengan DPR dan Pemerintah sebagai pihak yang membuat Undang-Undang. “Nanti kita tunggu saja formulasinya,” kata Juri kepada wartawan usai bersama komisioner KPU lainnya menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/8) siang.

Diakui Ketua KPU itu, pada pengaturan yang lama, pengaturan Pilkada yang lama, Kepala Daerah atau Petahana itu mengambil cuti pada saat dia melaksanakan kampanye. Dia akan mengambil cuti pada saat dia turun ke lapangan.

Nah, pada pengaturan kampanye untuk Pilkada 2017, lanjut Juri, sekarang ada Undang-Undang baru, UU Nomor 10 Tahun 2016, dan bagaimana konsekuensi dari pengaturan mengenai hal tersebut, itu yang sedang disusun KPI dan Pemerintah yang telah mengesahkan UU bersama DPR.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...