Calya & Sigra, Serupa Tapi Tak Sama

Calya & Sigra, Serupa Tapi Tak Sama

Senin, 8 Agt 2016 | 06:41 | Rusmanto
WinNetNews.com - Kolaborasi Toyota-Daihatsu terbaru membuahkan mobil Low Cost Green Car (LCGC) model MPV 7 penumpang yakni Calya dan Sigra. Keduanya dirakit di Karawang, Jawa Barat.

Meski secara tampilan nampak sama bahkan sama-sama digarap oleh PT Astra Daihatsu Motor, tetap ada bedanya juga. Berikut ini perbedaan dua calon pesaing Datsun Go+ Panca ini.

Tipsnya Penamaan

Meneruskan 'tradisi' mobil LCGC, nama penamaannya harus kental unsur lokal. Calya dan Sigra merupakan kosa kata bahasa sansekerta yang masing-masing miliki arti sempurna dan tangkas.

Desain

Bagian depan mobil, bentuk grill beraksen krom lebar hingga menyentuh lampu utama. Bagian bawah milik Calya berbentuk trapesium, seperti halnya Yaris dan Avanza Veloz.

Desain grill Sigra seperti trapesium terbalik yang jadi ciri Daihatsu pada Ayla. Di bagian lampu kabut, ada aksen krom yang seperti taring ke bawah, sedangkan Sigra aksen krom horizontal terlihat lebih kalem.

Mesin

Calya hadir hanya dengan pilihan mesin 1.200cc saja, baik bertransmisi matik maupun manual. Sedangkan Sigra, ada pilihan mesin 1.000cc yang hanya manual dan 1.200cc dengan transmisi matik dan manual.

Tipe

Calya hanya hadir dalam empat tipe, E A/T, E M/T, G A/T dan G M/T. Sigra ada sepuluh, ada empat tipe dasar D, M, X dan R. X dan R 1.200cc matik dan manual. Ada pula tipe X Deluxe dan R Deluxe komplit aksesori dengan opsi transmisi manual serta matik.


MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...