Camilan Asin Bikin Mudah Lapar?

Rusmanto
Rusmanto

Camilan Asin Bikin Mudah Lapar? ilustrasi

Winnetnews.com -  Salah satu jenis camilan yang kita sukai adalah camilan asin seperti keripik. Camilan ini sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja, baik itu saat bekerja, menonton tv, atau mengobrol dengan orang lain. Hanya saja, jika dicermati, camilan asin ini tidak bisa membuat kita mudah kenyang dan justru membuat kita mudah lapar. Apa alasan dari hal ini?

Penyebab Camilan Asin Membuat Mudah Lapar

Camilan asin yang renyah dan gurih cenderung membuat kita seperti sulit untuk berhenti mengunyahnya. Padahal, bisa jadi kita sudah memakannya dalam jumlah yang sangat banyak.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Clinical Investigation, disebutkan bahwa camilan asin mampu menurunkan rasa haus namun membuat kita terus merasa lapar. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan garam pada camilan ini. Hal ini akan mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh dengan signifikan.

Camilan dengan rasa asin yang biasanya tinggi kandungan kalori ini bisa membuat lidah menjadi kering dan membuat kita seperti ingin terus menikmati sensasi asin dan gurih tersebut. Masalahnya adalah hal ini akan mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh, meningkatkan risiko hipertensi, dan membuat beban ginjal semakin meningkat.

Camilan asin juga cenderung rendah serat sehingga tidak akan membuat perut kenyang. Hal ini justru akan membuat kita seperti tidak mendapatkan energi dengan cukup dan akhirnya membuat tubuh seperti terus meminta asupan makanan sebagai tambahan energi. Hal inilah yang membuat kita seperti mudah lapar meski sudah ngemil dalam jumlah yang banyak.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengurangi asupan makanan atau camilan asin demi mencegah masalah tekanan darah tinggi, kenaikan berat badan, dan lain-lain. Sebaiknya kita mengganti camilan asin dengan yang lebih sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan.

Apa Reaksi Kamu?