Candi Terluas se-Asia Nan Elok Ada di Kota Jambi

Rani
Rani

Candi Terluas se-Asia Nan Elok Ada di Kota Jambi candi muarojambi terluas di Asia / foto: istimewa

winnetnews.com - Kawasan Jambi ternyata juga memiliki objek wisata yang syarat makna sejarah, yakni Candi Muarojambi. Candi dengan luas 12 kilometer persegi ini merupakan kawasan candi terluas di Asia Tenggara.

Candi Muarojambi terletak di dekat pusat kota Jambi, serta berdekatan dengan salah satu sungai terpanjang di Sumatera yang menjadi ikon kota Jambi, sungai Batanghari. Dikala musim libur seperti musim libur lebaran kali ini, pengunjung candi Muarojambi meningkat berkali-kali lipat. Hal ini ditengarai oleh biaya tiket masuk yang cukup terjangkau, yakni Rp 3000 untuk anak-anak dan Rp 5000 untuk orang dewasa.

Selain harga tiket masuk yang terjangkau, lokasi yang strategis juga bikin candi di Kota Jambi ini dibanjiri oleh pengunjung. Lokasinya berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Jambi, di tengah-tengah pemukiman warga khas Melayu Jambi. Di tengah perjalanan, pengunjung akan disuguhi eloknya aliran sungai terpanjang di Sumatera, sungai Batanghari. Belum lagi deretan rumah tradisional khas Melayu Jambi hingga rimbunnya pepohonan buah khas Jambi, durian dan duku.

Bila beruntung, saat musim buah tiba, pengunjung bisa menikmati manisnya durian dan duku langsung dari pohonnya. Biasanya musim durian dan duku beriringan waktu antara bulan Desember hingga Maret setiap tahunnya.

Terdapat sekitar 82 Situs reruntuhan atau menapo bangunan kuni yang ada di situs percandian Muarojambi. Sebanyak 8 candi sudah dilakukan pemugaran serta pelestarian oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi. Luas situs komplek candi Muarojambi ini diperkirakan 8 kali lipat dari Candi Borobudur. Oleh pemerintah setempat, Candi yang diperkirakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Melayu ini telah diajukan menjadi situs warisan dunia ke UNESCo sejak tahun 2009. Namun sayangnya sampai saat ini belum juga masuk ke daftar situs warisan dunia UNESCO.

Apa Reaksi Kamu?