Skip to main content

Canggih!!! Satelit Pemantau Badai NASA Siap Diluncurkan

Satelit pemantau badai CYGNSSfoto: nasa.gov
Satelit pemantau badai CYGNSSfoto: nasa.gov

WinNetNews.com - Beberapa waktu kedepandi Amerika Serikat jika ada badai yang akan menerjang di suatu wilayah tertentu dapat diketahui.Ilmuwan di badan antariksa Amerika Serikat NASA, tengah mempersiapkan peluncuran satelit baru yang rencananya akan mengudara pada 12 Desember 2016 bernama Cyclone Global Navigation Satellite System (CYGNSS).

CYGNSS merupakan satelit pemantau badai dengan bobot yang cukup ringan yakni 29 kg. Oleh karena itu, ia dinamai mikro satelite karena ukurannya tergolong ringan.

Dikutip Space , Sabtu (12/11), CYGNSS akan memiliki misi untuk memantau perkembangan angin ribut dan juga angin topan yang ada di Bumi. Setelah mengorbit satelit ini akan memberikan informasi lokasi setiap harinya untuk memantau perkembangan dalam setiap beberapa jam.

"Kami melakukan sains dengan pesawat ruang angkasa yang dapat secara literal duduk di bangku Anda," tutur John Scherrer Project Manager CYGNSS.

Berdasarkan penuturan Scherrer, NASA akan meluncurkan sembilan mikro satelit untuk memantau keberadaan badai tropis dengan mengirimkan informasi setiap 90 menit.

CYGNSS akan mengirimkan sinyal yang dirilis melalui perangkat GPS sesaat setelah satelit diluncurkan. Sinyal yang terpantul di perairan akan mengukur besaran ombak di lautan yang dihasilkan oleh angin pada permukaannya.

Ketika mikro satelit diluncurkan, Pegasus, akan dijatuhkan dari sebuah pesawat L-1011 di ketinggian 40.000 kaki, di mana ia akan menunggu 5 detik sebelum mesin roket menyala.

Satelit akan dirilis berlawanan satu sama lain secara berpasangan setiap 30 detik, sampai delapan satelit dipisahkan. Sepuluh menit kemudian satelit akan mulai bekerja untuk mengirimkan data ke stasiun bumi di Hawaii, Chili, dan Australia.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top