Cara Agar Terhindar Ketularan Penyakit dari Orang Terdekat
ilustrasi

Cara Agar Terhindar Ketularan Penyakit dari Orang Terdekat

Minggu, 11 Agt 2019 | 08:15 | Rusmanto

Winnetnews.com - Biasanya, saat orang terdekat terserang sakit flu, batuk, atau pilek, tak menunggu waktu lama Anda juga akan mengalami sakit yang sama. Hal ini terjadi karena virus dan bakteri penyebab penyakit mudah menular. Supaya tidak ikutan jatuh sakit, yuk simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

Tips menjaga kesehatan ketika ada yang sakit

Memang, bakteri dan virus penyebab penyakit bisa datang dari mana saja. Namun, ketika orang terdekat Anda sakit, hal ini akan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit tersebut.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak kebiasaan harian yang ternyata bisa membuat sistem imun Anda lebih kuat, meski orang terdekat sedang sakit? Misalnya saja, mengelola jadwal tidur hingga menjaga kebersihan tubuh. Untuk tips menjaga kesehatan selengkapnya, bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Cuci tangan lebih sering

image0

Salah satu tips menjaga kesehatan saat orang terdekat sedang sakit adalah lebih rajin mencuci tangan. Hal ini disebabkan saat orang terdekat sakit, kuman dan virus akan lebih banyak di sekitar Anda.

Sementara, tangan adalah bagian tubuh yang sering Anda gunakan untuk makan, menyentuh wajah, menyeka hidung, dan masih banyak lagi. Sehingga jika kedua tangan Anda kotor, virus akan mudah masuk ke dalam tubuh.

Dengan mencuci tangan lebih rajin dari biasanya, Anda bisa mengurangi kesempatan kuman dan virus menyerang tubuh Anda.

Namun, jangan asal mencuci tangan ya. Supaya kuman hilang, pastikan Anda membersihkan seluruh bagian tangan, mulai dari telapak, punggung, hingga sela-sela jari. Setidaknya, lakukan selama 20 detik untuk memastikan bahwa semua sudah bersih.

Jika sudah, keringkan kedua tangan dengan handuk atau tisu bersih. Kalau bisa, hindari mematikan keran air menggunakan kedua tangan Anda yang sudah bersih. Anda bisa melapisi keran dengan tisu lalu mematikannya, atau menggunakan siku Anda untuk menyenggol keran hingga mati.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...