(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cara Alami Hilangkan Kulit Kering di Area Mata

Rani
Rani

Cara Alami Hilangkan Kulit Kering di Area Mata Cara Alami Hilangkan Kulit Kering di Area Mata. Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Dari mata turun ke hati, ada pribahasa yang mengatakan demikian. Ya, mata memang salah satu panca indra yang sering dilihat dan jadi perhatian banyak orang. Tapi jika kita mendapatkan kulit di sekitar mata kita menjadi sangat kering, tentunya ini akan membuat kita jadi kehilangan rasa percaya diri.

Kulit kering di sekitar mata tidak hanya dialami oleh orang tua, tak jarang masalah kulit ini juga dialami oleh para remaja. Lantas, kenapa bisa terjadi masalah kulit kering di area sekitar mata?

Bisa jadi, masalah kulit kering dimata disebabkan oleh kondisi lingkungan. Misalnya cuaca dingin yang ekstrim, juga bisa menyebabkan kulit disekitar mata menjadi kering. Kondisi dermatologis (jenis kulit) dan sengatan hari juga dapat menjadi pemicu kulit kering di sekitar mata. Selain itu penggunaan spons make-up yang kotor di sekitar mata juga bisa menjadi penyebab lain kenapa kulit di sekitar mata jadi kering.

Tapi jangan khawatir, kita tetap bisa melakukan perawatan secara alami dan sederhana serta aman di rumah. Dilansir dari laman Boldsky (13/3/17) berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit yang kering di area sekitar mata.

Minyak lavender

Minyak lavender adalah salah satu di antara obat yang efektif yang dapat membantu mengobati kulit kering di sekitar mata. Minyak lavender membantu untuk menghilangkan stres pada otot-otot di sekitar mata otot-otot dan meremajakan kulit di sekitar mata. Selain itu, minyak lavender juga membantu melindungi kulit kita dari stres oksidatif dan kerusakan.

Cara penggunaannya cukup mudah. Ambil beberapa tetes minyak lavender, campurkan 2 tetes minyak kelapa untuk itu. Campur kedua minyak bersama-sama, kemudian panaskan minyak sebentar hingga hangat, lalu pijat selama beberapa waktu.

Gel Aloe Vera

Lidah buaya gel adalah obat alami yang mudah namun efektif dapat membantu untuk meremajakan kulit kering di bawah mata. Aloe vera gel menghidrasi kulit dan karena jumlah tinggi vitamin dan mineral di dalamnya, hal ini membantu untuk menjaga kulit kita dari dehidrasi untuk jangka waktu yang panjang. Penerapan gel lidah buaya tidak hanya membantu untuk menjaga kulit kita tetap dingin dan terhidrasi, tetapi jugab menjadikan kulit kita sehat dan bercahaya.

Cara penggunaannya, kita perlu mengekstrak beberapa gel lidah buaya dari daun lidah buaya dan mengoleskannya pada area di bawah mata. Pijat selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Kantong teh celup

Menggunakan kantong teh adalah obat lain yang dapat membantu mengobati kulit kering di bawah mata. Karena teh mengandungcantioksidan yang tinggi serta tanin, kantong teh membantu mencegah kulit di sekitar mata dari kekeringan dan keriput yang muncul di bawah mata.

Treatment ini bisa dilakukan dengan cara mengambil kantong teh kemudian simpan di dalam frezzer agar beku. Setelah itu gunakan pada daerah bawah mata dan diamkan beberapa saat.

Petroleum Jelly

Petroleum jelly tidak hanya membantu untuk menjaga kulit kita tetap bersih, tetapi juga mampu melembabkan kulit disekitar mata dalam jangka waktu yang cukup panjang. Mengoleskan petroleum jelly di area sekitar mata dapat membantu untuk menjaga kulit kita tetap terhidrasi, sehingga mencegah kekeringan pada kulit.

Namun, kita perlu berhati-hati ketika mengoleskan petroleum jelly di sekitar mata. Jika masuk ke mata, segera mencuci mata dengan air dingin.

Air Mawar

Air mawar air juga membantu untuk menjaga kulit kita terhidrasi dan lentur untuk jangka waktu yang panjang. Menggunakan air mawar membantu untuk menjaga kerut kulit kita secara alami dan juga mencegah kulit disekitar mata dari kekeringan.

Caranya mudah, ambil air mawar dan rendam bola kapas di dalamnya. Sekarang, menempatkan bola-bola kapas itu di daerah bawah mata dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Air mawar ini juga bisa digunakan sebagai toner yang fantastis dapat membantu mencegah kekeringan di bawah mata kita.

Susu Bubuk

Ambil beberapa sendok susu bubuk, tambahkan beberapa sendok madu dan jus lemon kedalamnya Campur semua bahan bersama-sama dan oleskan racikan ini pada area bawah mata. Tunggu beberapa waktu kemudian cuci dengan air hangat.

Penggunaan susu bubuk adalah obat lain yang dapat membantu untuk memberikan hidrasi pada daerah bawah mata, sehingga mencegah kulit kering di daerah bawah mata.

Coconut Oil

Karena jumlah asam lemak yang tinggi dalam minyak kelapa, coconut oil atau minyak kelapa dapat membantu menjaga area di bawah mata kita tetap lembab dan terhidrasi. Tak cuma itu, karena sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang ditemukan dalam minyak kelapa, mampu membantu peremajaan kulit secara alami di daerah sekitar bawah mata kita.

Cukup dengang mengoleskan sedikit minyak kelapa hangat pada kulit di bawah mata. Minyak kelapa terbukti mampu membantu mengangkat kulit mati pada wajah dan juga mampu membuat awet muda pada kulit kita ketika digunakan secara teratur.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa kita lakukan sendiri di rumah untuk merawat dan mengatasi masalah kulit kering di area sekitar mata. Jika dilakukan secara rutin, maka kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selain harganya yang terjangkau, perawatan alami ini juga aman dilakukan sendiri. Selamat mencoba ya!

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});