(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cara Alami Untuk Membantu Mata Kering

Liani
Liani

Cara Alami Untuk Membantu Mata Kering
WinNetNews.com - Sebelum menggunakan obat tetes mata, ingat-ingat penyebab mata kering. Apakah misalnya karena cuaca kering, nyaris tak berkedip ketika menatap layar komputer atau ponsel, atau efek samping obat tertentu.

Mata kering cenderung dialami oleh dewasa usia 40 tahun, khususnya wanita yang mengalami masa menopause. Jangan lupa juga untuk memastikannya ke dokter, dan pastikan Anda tidak mengidap sindrom Sjögren, atau kondisi autoimun karena hal ini memengaruhi.

Bila sudah, Anda perlu tahu ada beberapa cara alami untuk membantu mata kering, seperti dilansir Prevention, berikut ini:

1. Minum banyak air

Menurut pendiri dan direktur Arizona Center for Integrative Medicine dan profesor klinis kedokteran di University of Arizona, Andrew Weil, MD, minum banyak air akan membantu menjaga selaput lendir mata tetap lembap. Jika udara di rumah Anda kering, cobalah humidifier.

2. Konsumsi makanan beromega-3 tinggi

Pastikan berkedip saat membaca, mengemudi, atau melihat komputer, dan hindari menggosok mata Anda yang dapat memperburuk mata kering. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya omega-3 lemak seperti biji rami, kenari, dan ikan berlemak seperti salmon dan cod. Dalam penelitian pada 2005, wanita yang mengonsumsi omega-3 akan merasa matanya lebih baik.

3. Hindari obat tetes mata

Bagi kebanyakan orang, obat mata tetes yang diperjualbelikan bebas (OTC) solusi yang aman dan efektif. Begitupun dengan air mata buatan yang dimaksudkan untuk meringankan kemerahan atau mata gatal. Tapi sebenarnya, obat tersebut justru memperburuk kondisi mata kering dan menyebabkan ketergantungan. Jika gejalanya menetap, konsultasikan dengan dokter Anda.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});