Cara Ampuh Ilangin Baret Mobil Kamu
Sumber foto : istimewa

Cara Ampuh Ilangin Baret Mobil Kamu

Selasa, 8 Mei 2018 | 09:01 | Oky

Winnetnews.com - Kamu pasti kesal bila mendapati body mobil kesayangan kamu lecet atau baret. Entah itu terkena ranting tanaman tetangga saat melewati gang sempit di komplek, terserempet setang motor atau sepeda anak maupun benda-benda lainnya. 

Kalau pakai amplas 2000, polesannya mesti pakai mesin bila ingin hasil maksimal

Apalagi bila mobil tersebut baru saja ditebus dari dealer, hugghh.. rasanya hancur hatiku! Haiyahh.. ojo lebay ahh! Kan kalau kebetulan mobil sobat itu diasuransi all risk, tinggal klaim saja. Bila perlu nunggu baretnya sampai banyak dulu, hihihi..

Tapi gimana dengan yang gak ikut asuransi? Ya tenang, “Selama baretnya enggak dalam dan tidak merusak lapisan catnya, masih bisa dihilangkan kok,” bilang Acong, teknisi urusan perawatan body di bengkel Anugrah Motor di Depok, Jawa Barat.

Usakahan arah polesan searah

Masih kata Acong, bila baretnya halus, bisa dihilangkan menggunakan obat poles yang banyak dijual di swalayan. “Tapi, bila goresannya agak dalam dan masih pada lapisan pernis, ada proses lain yang mesti dilakukan terlebih dulu,” bilang pria yang bengkelnya mangkal di Jl. Proklamasi No.100, Depok 2 Tengah, Depok ini.

Proses yang dimaksud Acong, yakni dengan menggosok sedikit permukaan body yang baret-baret tadi pakai ampelas halus. “Minimal pakai empelas ukuran 2.000,” tukasnya. Upss.. gak terlalu kasar tuh? 

Hemm.. kalau teknisi repair body kan pastinya sudah terbiasa dan tahu triknya, nak kalau kita yang mau garap sendiri di rumah, piye? “Kalau mau aman dan agar lapisan pernis tidak termakan banyak, pakai yang ukuran 4.000 saja,” saran Sukandi Endah, teknisi bengkel OSS di Jl. Panjang No.8A, Kebeon Jeruk, Jakarta Barat.

Langkahnya, mula-mula bersihkan permukaam body yang lecet dari kotoran atau debu yang nempel. Kemudian dilanjutkan mengampelas bagian yang baret, pakai ampelas secara searah pakai ampelas dengan ukuran yang tadi disebutkan. 

Finishingnya, poleas menggunakan wax untuk mendapatkan efek wet look

Sampai bagian yang baret terlihat samar dengan permukaan body di samping-sampingnya. Oh iya, ngampelasnya jangan ditekan terlalu kuat ya sob, karena dikhawatirkan lapisan pernisnya habis.

Jika sudah yakin baret-baretnya terlihat rata lagi, baru deh poles permukaan yang kena ampelas pakai kompon, yang digosok pakai kain halus atau microfiber. Usahakan mengusap kainnya secara memutar ya. 

Ulangi beberapa kali sampai permukaan body yang diampelas terasa licin dan kembali menilap.  Nah, setelah yakin permukaan body yang baret tadi sudah kembali halus dan mengilap, sebagai finishingnya untuk mencuatkan efek wet look, poles lagi permukaan body tadi pakai wax. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...