Cara Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi: 1 Alpukat per Hari
Trubus.id

Cara Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi: 1 Alpukat per Hari

Sabtu, 2 Nov 2019 | 09:24 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Tips yang paling sering kita dapatkan untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah menghindari makan makanan berminyak dan berlemak. Namun tahukah kamu ada satu makanan berlemak yang justru dianjurkan saat kolesterol tinggi? Makanan itu adalah buah alpukat.

Buah alpukat menyimpan lemak sehat yang justru bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition yang dikutip laman Fimela menyebutkan bahwa makan satu buah alpukat per hari mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh.

Satu Buah Alpukat per Hari Bisa Turunkan Kolesterol

Secara khusus, penelitian ini berfokus pada partikel LDL yang teroksidasi di dalam tubuh. Peneliti menyatakan bahwa proses oksidasi ini buruk untuk tubuh. Peneliti melakukan percobaan terhadap 45 orang yang obesitas secara acak untuk melakukan tiga pola makan, rendah lemak, lemak sedang dan lemak sedang dengan satu buah alpukat.

Hasilnya, mereka yang menerapkan konsumsi lemak sedang dengan satu buah alpukat secara signifikan mengalami penurunan oksidasi LDL setelah lima minggu sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Peran alpukat lah yang menjadi faktor penting penentu karena mengandung antioksidan tinggi yang disebut lutein, yang berfungsi mencegah oksidasi LDL tersebut.

Jadi, jika ingin menurunkan kolesterol jahat, makan alpukat satu buah per hari adalah jawabannya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...