Cara Atasi Cegukan yang Tak Kunjung Berhenti

Cara Atasi Cegukan yang Tak Kunjung Berhenti

Minggu, 24 Jan 2016 | 14:15 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Cegukan terjadi ketika diafragma atau lembaran otot yang mengelilingi paru-paru Anda berkontraksi tak terkontrol. Pada saat yang sama, kotak suara Anda juga terpengaruh dan menyebabkan dada Anda melonjak dan memproduksi suara cegukan yang mengganggu.

"Cegukan biasanya disebabkan perut yang terlalu cepat penuh setelah makan berlebihan atau minum minuman berkarbonasi. Penyebab lainnya, seperti konsumsi alkohol yang berlebihan atau stres emosional," kata Niket Sonpal, MD, asisten profesor klinis dari gastroenterologi di Touro College of Medicine.

Umumnya cegukan benar-benar normal dan tidak menimbulkan kekhawatiran. Namun, cegukan persisten yang berlangsung lebih dari 48 jam mungkin memerlukan evaluasi medis menyeluruh, kata Sonpal. Demikian pula, jika Anda sering cegukan selama satu bulan atau lebih.

Meskipun jarang, cegukan seperti itu bisa disebabkan oleh masalah kardiovaskular serius, masalah neurologis, atau gangguan gastrointestinal. Untuk itu, Anda harus memeriksakan diri ke dokter segera.

Bila, cegukan Anda bukan karena suatu masalah serius, Sonpal menyarankan agar Anda minum air dingin, berkumur dengan air, atau menahan napas Anda selama satu menit untuk membantu Anda mengatasi cegukan.

Dilansir dari laman Womenshealth dan okezone

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...