Cara Atasi Stres agar Tetap Semangat Sepanjang Hari
ilustrasi

Cara Atasi Stres agar Tetap Semangat Sepanjang Hari

Sabtu, 4 Apr 2020 | 15:29 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Stres sering kali berdampak pada kualitas dan waktu tidur seseorang. Umumnya, orang-orang mengaku lebih sulit untuk beristirahat saat mereka mengalami stres, sehingga hal tersebut juga berdampak pada jam tidur yang berkurang. Namun pada beberapa orang lainnya, stres malah memicu kelelahan yang membuat mereka merasa ingin tidur sepanjang hari.

Bagaimana stres bisa memicu kelelahan?

image0

Dilansir dari Huffington Post, Deirdre Conroy, seorang direktur klinis di pusat gangguan tidur Universitas Michigan mengatakan, stres akan mempengaruhi kualitas dan kontinuitas tidur seseorang.

Efeknya, ada beberapa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur, tapi ada juga yang sering terjaga atau terbangun berkali-kali di tengah tidur.

Biasanya stres dikaitkan dengan gejala insomnia. Pasalnya, ketika seseorang terkena paparan stres, maka tubuhnya akan mendorong lebih banyak rangsangan kognitif pada otak.

Rangsangan itu mengakibatkan seseorang jadi lebih sulit untuk menenangkan diri dan memikirkan hal-hal yang akhirnya membuat mereka susah memejamkan mata. Penyebab stres tersebut akan memicu kelelahan.

Stres juga mengarah pada peningkatan aktivasi sistem saraf simpatik yang kerap disebut sebagai fight or flight response. Fight or flight response merupakan sebuah mekanisme tubuh yang muncul ketika seseorang sedang menghadapi stres atau sebuah situasi yang berbahaya.

Pada saat itulah kelenjar dalam tubuh akan menghasikan hormon epinefrin atau yang lebih dikenal sebagai adrenalin.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...