Cara Bedain Buah Mangga Karbitan dan yang Matang di Pohon!

Rani
Rani

Cara Bedain Buah Mangga Karbitan dan yang Matang di Pohon! Mangga yang sudah matang kulitnya seperti ada bedaknya. Foto: istimewa

winnetnews.com - Kamu pernah makan buah mangga yang rasanya krang manis, padahal dari segi tampilan kulitnya sudah kuning? Jika iya, mungkin mangga yang kamu makan adalah mangga hasil dari proses pengarbitan. Buah yang matang dengan proses pengarbitan biasanya dipetik pada saat masih muda (bukan matang di pohon). Karbit atau kalsium karbida merupakan senyawa kimia yang bisa menghasilkan gas asetelin bila bereaksi dengan uap air di udara.

Gas astelin inilah yang akan merangsang proses pematangan buah. Gas astelin bekerja terutama pada perombakan klorofil (zat hijau pada buah) menjadi zat karotenoid (zat warna kuning). Akan tetapi, saat proses perubahan warna tersebut, amat mungkin proses perombakan zat pati, pembentukan asam-asam organik dan senyawa volatil (penimbul aroma) tidak berlangsung secara optimal.

Inilah yang menyebabkan kalau buah karbitan memiliki rasa yang tidak manis dan oromanya yang tidak menyengat. Secara kasat mata membedakan buah mangga karbitan memang agak sulit untuk dibedakan. Tapi kamu setidaknya kamu bisa tercerahkan dengan tips berikut ini! Biasanya mangga yang matang di pohon memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Bentuk Buah

Buah yang sudah matang di pohon biasanya memiliki bentuk yang padat dan penuh, terutama di bagian ujungnya. Selain itu, kulit buah yang matang alami biasanya akan dipenuhi dengan (seperti) bedak. Semakin banyak bedak di kulit mangga, berarti buah mangga semakin tua.

Tekstur buah

Buah yang sudah matang biasanya memiliki tekstur yang lembut ketika ditekan. Jangan pilih mangga yang keras ketika ditekan, karena artinya buah mangga belum matang. Sebaliknya, jika mangga terasa sangat lembek ketika ditekan, itu artinya buah mangga sudah terlalu matang.

Bagian tangkai

Tangkai di bagian atas bisa jadi salah satu tanda buah mangga sudah matang atau belum. Pilih buah mangga yang ujung tangkainya berwarna kekuningan. Jangan pilih yang layu ataupun kering mengitam.

Kulit mangga

Mangga karbitan biasanya memiliki kulit yang cenderung keriput. Ini terjadi karena buah dipetik saat masih muda, dan dipaksa untuk matang dengan menggunakan proses pengarbitan. Hindari jyga membeli buah mangga yang terdapat banyak bintik atau memar. Karena mangga tersebut memiliki kondisi yang sudah tidak baik, dan rasanya pun pasti kurang enak.

Tes menggunakan air

Mangga yang sudah matang biasanya akan tenggelam jika dimasukan ke dalam air.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memilih buah mangga yang sudah matang. Semoga bisa membantumu agar kamu tidak kesulitan untuk membedakan buah mangga yang matang dengan proses pengarbitan dan mangga yang matang di pohonnya.

 

 

Apa Reaksi Kamu?