Cara Bersihkan Paru-paru bagi Perokok Pasif
ilustrasi

Cara Bersihkan Paru-paru bagi Perokok Pasif

Kamis, 13 Feb 2020 | 14:40 | Rusmanto
Winnetnews.com - Meski hanya kebagian menghirup asapnya saja, perokok pasif juga sama berisikonya dengan para perokok aktif. Maka jika Anda adalah satu dari sekian orang perokok pasif, ayo cari cara bagaimana membersihkan paru-paru dari asap rokok! Jangan sampai kesehatan Anda memburuk karena mengabaikan hal ini dan menganggapnya sepele.

Cara membersihkan paru-paru perokok pasif

image0

Membersihkan paru-paru penting jika Anda merasa menjadi perokok pasif. Pasalnya, asap rokok bisa merusak paru-paru secara perlahan tapi pasti.

Perokok pasif berisiko tinggi mengalami berbagai masalah pernapasan kronis, dari mulai asma hingga penyakit paru obstruktif kronis. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara termasuk asap rokok mengakibatkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya.

Untuk itu sebagai perokok pasif, jangan tunda lagi untuk membersihkan paru-paru dengan cara sebagai berikut:

1. Olahraga teratur

Olahraga teratur membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang. Selain itu, olahraga yang teratur juga mengurangi risiko banyak kondisi kesehatan, termasuk stroke dan penyakit jantung.

Olahraga memaksa otot untuk bekerja lebih keras yang bisa meningkatkan laju pernapasan tubuh. Dengan begitu, pasokan oksigen ke otot juga akan lebih besar.

Selain itu, olahraga juga membantu meningkatkan sirkulasi tubuh. Hal ini membuat tubuh mendapatkan cukup oksigen termasuk jantung, paru-paru, dan otot. Jika dilakukan dengan rutin, cara ini  bisa membantu membersihkan paru-paru para perokok pasif.

Lantas, apakah orang yang menderita masalah pernapasan kronis tetap perlu olahraga? Tentu saja! Justru olahraga teratur membantu meningkatkan kesehatan pernapasan. Akan tetapi, konsultasikan terlebih dahulu ke dokte rmengenai jenis olahraga yang boleh dan tidak boleh.

2. Menjaga kebersihan udara di rumah

Rumah menjadi tempat istirahat dan menghabiskan waktu yang paling lama. Oleh karena itu, menjaga udara di dalam ruangan tetap bersih menjadi hal penting yang perlu dilakukan.

Rutinlah memvakum atau menyapu ruangan. Jangan lupa untuk rajin mengepel ruangan satu hari sekali untuk memastikan tidak ada debu yang menumpuk.

Bersihkan juga semua ventilasi di rumah seperti yang ada di kamar dan kamar mandi. Jangan lupa juga untuk membersihkan AC dan kipas angin secara rutin agar udara yang keluar tetap bersih.

Usahakan untuk tidak menggunakan pewangi atau pengharum ruangan. Pasalnya, wewangian ini penuh dengan bahan kima berbahaya yang bisa mengiritasi paru-paru Anda. Selain itu yang tak kalah penting pastikan juga untuk melarang siapa pun baik keluarga maupun tamu untuk merokok di dalam rumah.

3. Sering-sering menghirup udara segar

Udara segar adalah udara yang kadar polusinya rendah dan biasanya terdapat di area hijau. Area atau lahan yang ditumbuhi pepohonan umumnya memiliki  kadar polusi yang lebih rendah dan lebih sehat untuk dihirup.

Menghirup banyak udara segar bisa membantu memperluas jaringan di paru-paru agar bekerja dengan baik.  Namun sayangnya, saat ini lahan terbuka hijau yang ada di perkotaan pun kerap memiliki kadar polusi yang tinggi.

Untuk mendapatkan udara yang masih segar, sesekali Anda bisa meluangkan waktu pergi ke daerah dataran tinggi atau pegunungan. Biasanya kualitas udara di pegunungan masih alami dan segar sehingga sehat untuk paru-paru. Cara ini akan membantu membersihkan paru-paru Anda sebagai perokok pasif.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...