Cara Cerdas Memilih Alat Elektronik untuk Rumah Minimalis!

Cara Cerdas Memilih Alat Elektronik untuk Rumah Minimalis!

image0

Memilih perangkat elektronik sebagai pelengkap hunian tidak bisa sembarangan, terlebih pada rumah tipe minimalis. Desain minimalis membutuhkan perlakuan khusus untuk menjaga kesan ruangan tetap luas.

Tak hanya tepat guna, perangkatnya juga harus cocok dengan bermacam aspek dari rumah Anda. Nah, jika berpikir tipe rumah ini sebagai tempat tinggal Anda, berikut trik cerdas memilih alat elektronik yang bisa digunakan:

Ukuran perangkat

Rumah minimalis memiliki besar terbatas. Anda tak bisa sembarangan memilih perangkat karena akan berpengaruh pada perabot lain dan aktivitas. Jaga kenyamanan sehari-hari dengan menyesuaikan ukuran dan penempatan barang.

Anda bisa memulainya dengan cermat meletakkan posisi televisi. Sekedar informasi, jarak pandang sehat saat menonton televisi adalah lima kali ukuran layar.

Selain itu, pilih televisi 14-21 inci yang hanya membutuhkan jarak sekitar 2-3 meter dari mata. Agar lebih hemat tempat, Anda bisa membeli televisi layar datar dan menempelkannya pada tembok.

Perhatikan daya listrik

Rumah minimalis biasanya memiliki kekuatan listrik 1.300 watt. Namun, ini bukan berarti Anda tidak bisa memakai banyak alat elektronik. Cukup akali dengan produk hemat listrik.

Ada beberapa alternatif cara bisa Anda pilih, misalnya mengganti AC dengan kipas angin. Anda juga bisa mengganti kulkas satu pintu yang hanya mengkonsumsi setengah daya listrik dari kulkas dua pintu.

Jangan lupa, atur juga penggunaan listrik dengan timer dan hubungkan pada remote pengendali alat elektronik otomatis. Saat ini, Anda bahkan bisa melakukan pengaturan semua otomasi itu lewat ponsel, contohnya Oppo Mirror5. Fitur Smart Remote Control pada ponsel ini dapat membantu Anda mengatur suhu AC, mengganti saluran televisi, dan lainnya cukup langsung dari satu alat.

Nilai praktis

Kelebihan hunian minimalis terletak pada kesedehanaannya. Memakai terlalu banyak alat elektronik bisa berisiko listrik naik-turun dan memakan biaya besar. Selain itu, rumah Anda akan terasa penuh dan berantakan.

Untuk itulah, Anda disarankan membeli barang sesuai kebutuhan saja. Jangan segan menghibahkan barang yang sudah tidak terpakai pada tetangga maupun kerabat Anda. Bila perlu, jadwalkan pembersihan barang secara berkala.

Selamat menata rumah!