Cara Hadapi Pasangan yang Sedang Bad Mood

Rusmanto
Rusmanto

Cara Hadapi Pasangan yang Sedang Bad Mood ilustrasi
Winnetnews.com -  Menghadapi orang yang sedang bad mood memang tidak pernah mudah, bahkan jika yang mengalaminya adalah pasangan Anda sendiri. Semua hal yang Anda lakukan menjadi serba salah. Salah bicara sedikit, Anda dan pasangan malah bisa bertengkar hebat dan membuat mood Anda ikut rusak. Lantas, harus bagaimana ketika mood pasangan sedang jelek?

Cara menghadapi pasangan yang sedang bad mood

Menghadapi pasangan sendiri tidak menjamin Anda akan lebih memahami isi hati dan kepalanya. Ini sebabnya masih banyak orang yang kebingungan dalam menghadapi pasangannya ketika mood mereka sedang buruk.

Tak perlu ikut-ikut bete, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Mencari tahu penyebabnya

David Kaplan, Ph.D., seorang ahli dari American Counseling Association, menyatakan bahwa kita terkadang berusaha terlalu keras memperbaiki mood pasangan. Saking kerasnya, kita lupa menanyakan apa yang menjadi penyebabnya.

Cobalah untuk selalu bertanya kepada pasangan sebelum mengambil tindakan apa pun. Dengan memahami penyebab di balik buruknya mood pasangan, tindakan yang Anda ambil selanjutnya akan dapat membantunya dengan lebih baik.

2. Mengajak bercanda

Berusaha membuat pasangan tertawa dengan melempar humor adalah salah satu strategi yang paling sering digunakan untuk menghadapi pasangan ketika bad mood. Namun, pastikan Anda memahami kapan waktu yang tepat untuk mengajak bercanda agar tidak memperkeruh suasana.

Jika situasinya mendukung dan Anda bisa memperkirakan respons pasangan, ceritakanlah hal lucu yang dapat membuat Anda berdua tertawa. Begitu suasana mencair, coba tanyakan kepada pasangan, apa yang bisa membuatnya merasa lebih baik lagi.

Apa Reaksi Kamu?