Cara Halus BTP Sindir Anies Baswedan Lewat Vlog

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Cara Halus BTP Sindir Anies Baswedan Lewat Vlog Sumber: Warta Ekonomi

Winnetnews.com - Ahok yang kini ingin disapa BTP mulai sering menunjukkan diri ke publik setelah bebas dari penjara. Misalnya seperti yang baru-baru ini banyak dibicarakan, BTP meninjau Lapangan Banteng dan menjajal MRT Jakarta. Hal ini mengundang komentar dari beberapa politisi dan para anggota legislatif. Ada yang menganggap BTP caper alias cari perhatian, seperti yang dilontarkan oleh Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean beberapa waktu lalu. Ada juga yang menganggap bahwa hal itu wajar dan tidak ada masalah.

Di sisi lain, laman Tirto melansir pendapat pengajar ilmu politik UIN Jakarta, Adi Prayitno terkait kemunculan BTP. Seperti diketahui, mantan Gubernur DKI Jakarta itu membagikan pengalamannya berkeliling Lapangan Banteng dan saat menaiki MRT Jakarta lewat akun Youtube-nya, Panggil Saya BTP.  Menurut Adi, itu sebagai cara baru dalam berpolitik. Bahwa membahas isu politik atau kebijakan seperti demikian memang sedang ramai dilakukan banyak orang, tanpa harus memasang wajah arogan.

"Melakukan kritik dan sindiran saat ini bisa lewat cara yang lebih luwes, melalui media sosial, terlebih vlog. Belakangan banyak orang ngomongin isu-isu politik dan kebijakan yang sensitif lewat medium seperti itu," kata Adi, pada Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, apa yang dilakukan BTP dengan vlognya memiliki dua kemungkinan makna, yakni kritik tanpa menggunakan ranah formal dan cara menyindir Anies Baswedan.

"Ahok memilih jalur itu. Comeback ke dunia politik, namun ia tetap jaga stamina dengan menggunakan cara yang lebih cair. Seakan-akan kebijakan saat ini berbeda dengan kebijakan saat dia menjabat," katanya.

Apa Reaksi Kamu?