Cara Hidup Sehat untuk Pasien Kanker Payudara
ilustrasi

Cara Hidup Sehat untuk Pasien Kanker Payudara

Rabu, 16 Okt 2019 | 06:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Setelah didiagnosis kanker payudara, pola hidup yang Anda jalani tentu tak bisa lagi sembarangan. Anda benar-benar harus menjaga kondisi tubuh karena sistem imun tak lagi sekuat sebelumnya. Untuk itu, yuk ikuti panduan pola hidup sehat untuk pasien kanker payudara berikut ini.

Panduan pola hidup terbaik untuk pasien kanker payudara

Mengubah pola hidup saat mengidap kanker payudara membantu meningkatkan kualitas dan angka harapan hidup. Selain itu, hal ini juga membantu menjaga kondisi Anda tetap fit selama pengobatan. Berikut berbagai pola hidup yang sebaiknya dilakukan saat punya kanker payudara:

1.  Berolahraga teratur

image0

Siapa bilang pengidap kanker tidak boleh atau tidak perlu berolahraga? Olahraga penting untuk siapa pun baik untuk mereka yang sehat atau yang sedang menjalani pengobatan.

Olahraga dapat meningkatkan stamina tubuh pasien kanker setelah menjalani terapi dan mempercepat pemulihan. Selain itu, olahraga juga membantu pasien kanker payudara untuk:

  • Meningkatkan mood atau memperbaiki suasana hati
  • Mengurangi stres, kecemasan, dan risiko depresi
  • Mengurangi kelelahan
  • Mengurangi rasa sakit
  • Membantu tidur lebih nyenyak
  • Meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan organ tubuh lainnya.
  • Mengurangi risiko kekambuhan kanker di masa depan

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa berolahraga bisa mengurangi risiko kematian akibat kanker.

Anda tak perlu melakukan olahraga berat yang menyita waktu. Cukup rutin berolahraga ringan yang sederhana, seperti berjalan kaki pagi dan sore hari selama 30 menit, berenang, yoga, atau tai chi.

The American Cancer Society merekomendasikan para pasien kanker untuk berolahraga setidaknya 150 menit selama seminggu. Kegiatan ini termasuk latihan kekuatan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Namun, pastikan meminta persetujuan dokter terlebih dahulu sebelum mulai berolahraga. Pasalnya, tidak semua pasien kanker payudara cukup kuat untuk berolahraga secara rutin. Selain itu, Anda harus tahu kapan waktunya berhenti berolahraga. 

Jangan memaksakan diri berolahraga jika merasa sudah tak sanggup melakukannya. Jangan sampai olahraga yang dilakukan justru memicu masalah yang lebih besar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...