(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cara Jaga Kebersihan Sikat Gigi

Liani
Liani

Cara Jaga Kebersihan Sikat Gigi
WinNetNews.com - Demi menjaga kebersihan gigi dan tubuh secara umum perhatikan beberapa hal berikut saat menggunakan sikat gigi seperti diungkapkan Maria Lopez Howell dari American Dental Association dikutip dari laman Women's Health, Selasa (24/11/2015).

1. Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali

Tak perlu menunggu bulu sikat usang, lebih baik ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Malah sikat gigi yang bulunya sudah tak lengkap tak efektif bekerja menghilangkan plak di gigi dan gusi.

2. Bersihkan sikat gigi setiap kali pakai

Usai menggosok gigi, bilaslah sikat gigi hingga bersih jangan sampai ada sisa-sia makanan di atasnya.

3. Jangan simpan sikat gigi dekat dengan toilet

Meletakkan sikat gigi dekat dengan bowel toilet berisiko terpapar kuman dan bakteri. Selain itu jangan letakkan di tempat lembap jadi tempat kondusif pertumbuhan mikroorganisme. Cara terbaik yakni menyimpan sikat gigi dalam posisi tegak dengan banyak udara di sekitarnya sehingga bulu sikat cepat kering.

4. Gunakan sikat gigi baru usai sakit

"Sebenarnya tak ada bukti yang menunjukkan bakal sakit bila menggunakan sikat gigi lama, namun demi menjaga kesehatan, mengapa tidak ganti sikat gigi lama Anda usai sakit," terang Howell.

5. Jangan gunakan sikat gigi yang sama dengan orang lain

Meski Anda sudah mengenal pasangan, jangan sekali-sekali menggunakan sikat gigi bersama-sama karena dapat meningkatkan risiko infeksi. "Setiap orang memiliki jumlah bakteri di mulut berbeda-beda, jadi mengapa mengambil risiko untuk berbagi sikat gigi," tutup Howell. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});