Cara Lain untuk Atasi Gusi Bengkak

Rusmanto

Dipublikasikan 7 bulan yang lalu • Bacaan 2 Menit

Cara Lain untuk Atasi Gusi Bengkak
ilustrasi

Winnetnews.com -  Gusi bengkak bisa jadi tanda berbagai macam masalah kesehatan gigi dan mulut. Jika Anda mengalami masalah tersebut, ada banyak cara mengatasi gusi bengkak yang bisa Anda lakukan. Mulai dari berkonsultasi dengan dokter, minum obat apotek, atau memanfaatkan bahan alami.

Ada beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi agar gusi bengkak mereda. Misalnya, aspirin dan ibuprofen. Supaya efeknya lebih maksimal, Anda bisa mengkombinasikannya dengan bahan alami yang lain.

Namun, perlu diperhatikan bahwa obat dari bahan-bahan alami berikut ini hanya bersifat sementara. Jika gusi bengkak tak kunjung mereda, segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi gusi bengkak muncul karena masalah kesehatan yang lebih parah.

Kunyit

Mengutip dari Dee Kay Dental (deekaydental.com), kunyit mampu meredakan gusi bengkak dan mengurangi nyeri yang Anda rasakan. Alasannya karena kunyit mengandung antiinflamasi, antioksidan, serta nutrisi penting lain yang berguna untuk kesehatan gigi dan mulut.

Anda perlu mencampur ¼ sdt kunyit dengan sedikit air terlebih dahulu. Aduk rata hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada gusi bengkak. Diamkan dulu selama lima menit kemudian berkumurlah dengan air hangat. Ulangi langkah tersebut setiap hari untuk mendapat hasil maksimal.

Garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara mengatasi gusi bengkak yang sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Tak hanya mengurangi rasa sakit, kandungan dalam garam pun efektif mencegah pertumbuhan bakteri.

Caranya, campur 1 sdt garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam minimal dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk berkumur lagi dengan air biasa untuk menghilangkan residu yang mungkin masih tertinggal.

Tea Tree Oil

Dee Kay Dental merekomendasikan tea tree oil untuk mengobati gusi bengkak. Berkumurlah dengan segelas air yang telah diberi beberapa tetes tea tree oil. Antiinflamasi dan antibiotik yang terkandung dalam jenis minyak itu mampu meredakan gusi bengkak dan mengurangi rasa sakit.

Kantung Teh

Cara mengatasi gusi bengkak berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan kantung teh. Cobalah untuk menggunakan teh hijau, teh hitam, atau teh kamomil karena jenis-jenis teh itu mengandung astringen dan antiinflamasi.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, rendam kantung teh dalam air panas selama lima menit. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga kantung teh tak terlalu panas kemudian aplikasikan pada gusi Anda yang bengkak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di kesehatan.kontan.co.id dengan judul "4 Cara mengatasi gusi bengkak ini pakai bahan alami, lo"
 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...