Image Cara Lunasi Hutang Dengan Mudah Menurut Islam
Sumber foto : Istimewa
Umum  

Cara Lunasi Hutang Dengan Mudah Menurut Islam

Sabtu, 11 November 2017 06:24 WIB

Winnetnews.com - Tumpukan hutang yang membebani memang bikin kepala puyeng. Makan tak enak, tidur tak nyenyak. Pada saat seperti itu, terkadang hati jadi gelap dan bahkan mencoba cari pesugihan.

Bagi Anda yang beragama Islam, enam tips berikut semoga bisa membantu Anda mengatasi hutang-hutang Anda Yang perlu pertama kali kita lakukan adalah mengoreksi diri. Jangan-jangan kita punya banyak dosa. Coba ingat-ingat bagaimana hubungan kita dengan orang tua, mertua.

Coba ingat-ingat pernahkan kita dekat dengan larangan Allah SWT, pernahkah menyakiti sesama manusia, atau makhluk hidup lain.

Jika iya, segera minta maaf pada yang kita sakiti. Jika pada ortu, cobalah sungkem dan memohon relaannya. Setelah itu, ambil air wudhu, sholat sunnat 2 rakaat dan baca istighfar sebanyak-banyaknya.

Berjanji untuk tidak mengulangi dosa-dosa tersebut.

Cobalah mulai dengan 3 hari di tiap bulan, jika kita sudah mampu lebih, coba dengan senin-kamis. Pada puncaknya, coba puasa Dawud. Puasa akan membakar nafsu kita, sehingga fikiran lebih jernih untuk ibadah maupun kerja keras buat membayar hutang.

Cobalah untuk mendatangi sahabat atau keluarga jauh Anda. Sambunglah lagi persaudaraan. Jangan berharap macam-macam, insya Allah jika mereka terketuk, mereka bisa membantu kita untuk mengatasi masalah-masalah hutang kita.

Seharusnya memang sedekah, namun gimana mau sedekah kalau uang aja tak ada? Sedekahlah dengan tenaga dan fikiran kita. Mulailah dengan wajah cerah dan penuh senyum. Bantu sebisa mungkin tetangga yang kerepotan.

Ini adalah amalan dari Habib Naufal bin Muhammad Alaydrus Solo, beliau mengajarkan, jika terjadi masalah dalam hidup, untuk sholat hajat. Caranya:

1. malam hari, waktunya boleh kapan saja, yang penting sudah sholat Isyak dan ba'diyah Isyak. Cari tempat yang sepi, tidak terganggu siapapun

2. Shalat hajat 2 rakaat, rakaat pertama baca surat Al-kafirun, rakaat kedua surat Al-ikhlas

3. selesai shalat, duduklah dengan nyaman, dan baca "Hasbunalloh wa ni'mal wakiil" sebanyak 450 kali. Resapi maknanya: "Cukuplah Allah sebagi penolong"

4. selesai baca, berdoalah pada Allah dengan menagis

5. Lakukan ini sampai 7 malam berturut-turut, tidak boleh terputus. Jika terputus, ulangi sebagai hari pertama.

Doa yang diajarkan Rasullullah SAW:

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲ ﺃَﻋُﻮﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻬَﻢِّ ﻭَﺍﻟﺤَﺰَﻥِ، ﻭَﺍﻟﻌَﺠْﺰِ ﻭَﺍﻟﻜَﺴَﻞِ، ﻭَﺍﻟﺠُﺒْﻦِ ﻭَﺍﻟﺒُﺨْﻞِ، ﻭَﺿَﻠَﻊِ ﺍﻟﺪَّﻳْﻦِ، ﻭَﻏَﻠَﺒَﺔِ ﺍﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegalauan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, kepengecutan dan kekikiran, belitan hutang dan penindasan orang ." (HR. Bukhari).

Manfaat Shalat Menurut Sains
Tiang Girder Tol Becakayu Rubuh, Bina Marga Hentikan Semua Proyek Elevated

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

Sekilas Tentang WinnetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.

atau
Lupa kata sandi akun kamu?
atau
Kami akan mengirim link aktivasi pada email Anda.
Daftar Akun