Cara Membuat Kopi Yang Enak dan Nikmat

Oky
Oky

Cara Membuat Kopi Yang Enak dan Nikmat sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Apakah Anda termasuk orang yang senang nongkrong di warkop untuk minum kopi? jika benar. Apakah anda tidak pernah berpikir untuk mengetahui cara membuat kopi ala warkop di rumah sendiri ?

Ada beberapa opini yang berkembang seputaran kopi. Salah satunya adalah dengan minum kopi mampu menyegarkan badan seseorang. Meminum kopi mampu menjaga stamina dari rasa kantuk, dll. Hingga jika ada yang mau terus melek dalam aktifitasnya biasakanlah meminum kopi. 

Namun apapun opini yang berkembang seputaran kopi. Kopi tetaplah bermanfaat bagi banyak orang. Terbukti kopi merupakan salah satu minuman khas indonesia yang sudah dikonsumsi beratus-ratus tahun silam. Ada banyak jenis kopi. 

Pertanyaannya kemudian Kopi apa yang paling Anda sukai? Pastinya beragam yaa jawabannya. Namun, rata-rata banyak kalangan menyukai kopi tubruk. Selain praktis ternyata rasanya tidak kalah enak dengan kopi lain.

Bagaimana Cara Membuat Kopi Tubruk Enak ?

Cara membuat kopi memang terbilang mudah, terlebih itu kopi tubruk, Saya kira tanpa ada tutorialnyapun setiap orang dewasa sepertinya sudah bisa membuatnya. Namun untuk membuatnya menjadi enak, Anda tidak boleh meremehkan cara-cara pembuatannya yang umumnya sangat simple. 

Membuat kopi dalam artikel ini kurang lebih sama dengan apa yang anda sering lakukan di rumah, jika memang pernah melakukannya sendiri. Urutannya sebagai berikut :

Persediaan bahan baku berupa air, kopi, dan alat menyeduh

Air di sini adalah air bersih, sudah di sterilisasikan, melewati proses pemanasan sampai mendidih. Berasal dari air alami tidak berasa, berbau apalagi memiliki warna. 
 
Kopi juga berasal dari kopi yang masih fress. Bukan kopi yang sudah kadaluarsa. 

Tentu poin selanjutnya adalah bahan untuk menyeduh kopi itu sendiri perlu dipersiapkan. Mulai dari gelas/cangkir,panci,teko,sendok untuk mengaduk, serta susu / gula jika di butuhkan.

Perbandingan kopi dengan air

Ini sederhana sekali, tetapi kekeliruan dalam menyikapi perbandingan atau rasio antara air dengan kopi sendiri akan sangat berakibat fatal bagi selera kita dalam meminumnya. Coba Bayangkan jika terlalu banyak air maka tentu akan encer bukan? Sedangkan jika terlalu banyak kopi juga kurang enak di rasakan.

Cara membandingkan berapa rasio kopi dengan air hendaknya mencicipinya. Namun bagaimana jika buka kita yang mau minum. alias kita mau menghidangkan untuk orang lain. 

Berikut perbandingannya !

Prinsipnya yakni 1 : 15. Maksudnya dalam satu sisi kopi untuk 15 sisi air. Misalnya Anda menggunakan 2 gr kopi maka, gunakanlah 30 ml air. Dengan begitu akan di hasilkan cita rasa kopi yang nikmat.

Waktu menyeduh kopi

Tips cara membuat kopi enak yang tidak banyak orang ketahui adalah basahi kopi selama 30 detik sebelum di siram air panas. Hal ini bertujuan untuk memanaskan bubuk kopi sebelum di siram air panas. Selain itu untuk mengeluarkan gas yang terkandung dalam kopi.

Demikian cara sederhana buat kopi nikmat, semoga dapat bermanfaat

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});