Cara Membuat Telur Ceplok Yang Kuningnya di Tengah

Oky
Oky
Rabu, 13 Desember 2017 16:48 WIB
Oleh Oky pada Rabu, 13 Desember 2017 16:48 WIB
Image Cara Membuat Telur Ceplok Yang Kuningnya di Tengah
sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Mari ikuti tips membuat telur ceplok dengan cara tertentu agar bagian kuningnya terletak pas di tengah. Yang melihatnya pun terpesona dengan hasilnya.

Telur ceplok merupakan telur yang digoreng langsung tanpa diadoni dulu di dalam minyak atau di dalam rebusan air.

Umumnya, kita menggunakan wajan cekung dalam membuat telur ceplok, tidak seperti fried egg alias telur ceplok orang Barat yang dimasak di wajan datar. Menggunakan wajan cekung ini membuat telur goreng bulat hasilnya.

Minyak dan air yang digunakan untuk mematangkan telur ceplok harus cukup, setidaknya bisa menutupi telur walau tidak banyak.

Tujuannya adalah agar telur bisa matang sempurna dengan media penghantar panas (minyak dan air) yang pas jumlahnya. Telur juga jadi tidak mudah menempel ke wadahnya yang berupa panci atau wajan.

Untuk membuat telur ceplok biasa, Anda pasti familiar dengan caranya. Pertama-tama, panaskan minyak di api sedang hingga betulan panas. Lalu, pecahkan telur langsung di atas minyak. Biarkan bagian pinggir mengering dan balik.

Nah, agar kuning telurnya di tengah, inilah hal yang bisa kita lakukan. Pertama-tama, perhatikan jumlah minyak terlebih dahulu. Jangan terlalu banyak, namun juga jangan kekurangan.

Setelah minyak panas, pecahkan telur perlahan di atas minyak panas agar kuning telur letaknya di tengah.

Biarkan bagian pinggir menjadi cokelat. Angkat telur tanpa harus dibalik. Soalnya, jika dibalik telur justru bisa pecah.

Jika ingin membuat telur ceplok rebus alias poached egg, inilah caranya. Tuang dahulu telur di dalam sendok sayur. Lalu, celup di air mendidih yang sudah diberi cuka.

Agar hasilnya sesuai yang kita harapkan, gunakanlah telur yang baru dan masih segar. Telur seperti ini masih kental hingga tidak akan melebar ke pinggir. Hasilnya, kuning telur akan paten letaknya, pas di tengah-tengah.

Nah, itulah cara mudah mengolah telur ceplok dengan tepat agar kuning telurnya pas di tengah dan cantik rupanya.

Telur ceplok seperti ini enak disajikan begitu saja atau bersama kecap. Jika kuningnya matang sempurna, kita juga bisa mengolahnya dalam bumbu balado, gulai, semur, atau sup jika telurnya adalah telur ceplok rebus. Selamat mencoba.

7 Benda ini Bisa Pengaruhi Kinerja di Kantor
Piala Dunia 2018: Kroasia Permalukan Argentina 3-0

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.