Cara Memperkenalkan Pendidikan Seks pada Anak yang Aman

Rusmanto
Rusmanto

Cara Memperkenalkan Pendidikan Seks pada Anak yang Aman ilustrasi
Winnetnews.com - Sex education di Indonesia belum banyak diberikan pada sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan. Materi ini masih dianggap tabu sehingga peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengenalkan seks yang aman dan benar. Orang tua harus bisa menjelaskan dengan baik agar anak khususnya remaja tahu dengan baik.

Materi Seks Masih Sangat Tabu

Selama ini remaja hanya tahu materi seks dari internet atau mungkin dari buku pelajaran yang membahas sistem reproduksi. Sayangnya materi itu tidak terlalu cukup karena tidak membahas segalanya dengan detail termasuk alat kontrasepsi yang digunakan oleh mereka yang sudah menikah.

Orang tua juga jarang membahas hal ini lantaran dianggap masih tabu dan anak akan tahu sendiri setelah menikah. Sebenarnya mengajarkan hal-hal terkait seks yang aman hingga masalah kontrasepsi yang aman kalau orang tua ikut menjelaskan. Apalagi kalau anak sampai salah persepsi.

Kalau anak sampai salah persepsi, hal ini akan terus akan dibawa sampai dewasa. Tugas orang tua adalah menjelaskan hal-hal terkait dengan seks. Terpenting dari semua, harus ada penjelasan tentang kontrasepsi yang saling berkesinambungan.

Apa Reaksi Kamu?