Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil
ilustrasi

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Selasa, 30 Jun 2020 | 11:42 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai ibu hamil yaitu infeksi saluran kemih (ISK). Penyakit ini memang sudah ada obatnya. Namun, tidak jarang ibu hamil tidak menyadari terkena ISK, sehingga tidak mencari pengobatan dan justru berakibat buruk. Oleh karena itu, ada baiknya ibu hamil melakukan pencegahan terhadap ISK. Lalu, bagaimana cara mencegah infeksi saluran kemih saat hamil?

Risiko infeksi saluran kemih saat hamil

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah infeksi bakteri yang terjadi pada sistem saluran kemih seseorang, termasuk uretra (lubang kencing), ureter (saluran kencing), kandung kemih, dan bahkan ginjal.

Penyakit ini rentan terjadi pada ibu hamil dan penyebabnya beragam. WebMD menyebut, perubahan hormon saat hamil menyebabkan perubahan pada saluran kemih sehingga lebih mungkin mengalami infeksi.

Selain itu, rahim yang membesar pun dapat menekan kandung kemih sehingga sulit bagi ibu hamil untuk mengeluarkan semua urine. Sisa urine tersebut dapat menjadi sumber infeksi.

Hubungan seksual juga bisa salah satu penyebab ISK. Saat melakukan hubungan seksual, bakteri dari usus besar dan vagina dapat masuk ke lubang kencing sehingga menyebabkan infeksi.

Sebagian besar ISK bukanlah masalah kesehatan yang serius, tetapi bila tidak segera diobati, infeksi ini bisa menyebabkan komplikasi. Pada ibu hamil, komplikasi yang mungkin terjadi, yaitu persalinan prematur, berat lahir bayi rendah, dan bahkan sepsis.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...