Cara Mendidik Anak Menghargai Uang

Cara Mendidik Anak Menghargai Uang

Selasa, 10 Nov 2015 | 14:32 | Liani
WinNetNews.com - Untuk mengajarkan etika anak Anda dan prinsip-prinsip kehidupan lainnya, cobalah untuk menanamkan pemahaman yang kuat tentang masalah keuangan. Anda tidak perlu kuliah tentang etika bisnis, tetapi mengatakan tidak ketika mereka marah juga merupakan salah satu cara agar mereka tidak menghabiskan uang di luar kemampuannya. Berikut adalah cara membantu anak untuk menghargai uang, seperti dilansir laman Times of India.

1. Berikan mereka uang saku

Cara ini dapat membantu anak Anda untuk bertanggung jawab terhadap uang. Jika mereka tidak pernah diberi kesempatan untuk menangani keuangan, mereka tidak mungkin belajar.

2. Berbagi dengan saudara

Anak-anak belajar dari contoh, jadi jika Anda berbagi dengan pasangan Anda, mereka cenderung untuk berbagi dengan saudara. Jika anak-anak Anda berada dalam kelompok usia yang sama, adalah ide yang baik jika membeli mainan yang mereka bisa berbagi.

3. Mengajarkan mereka untuk berhemat

Salah satu kesalahan mendidik yang dilakukan orang tua adalah tanpa berpikir belanja secara royal kepada anak-anak. Ketika anak Anda masih kecil, membeli baju baru atau mainan untuk bayi tidak ada masalah. Namun, ketika anak tumbuh, Anda harus berhati-hati tentang kebiasaan belanja Anda. Karena ketika Anda tidak hati-hati, mereka akan belajar boros juga dari Anda.

4. Menjaga pengeluaran

Naiknya uang saku juga akan membuat naiknya pengeluaran. Ajarkan anak Anda untuk tetap menahan pengeluaran ketika uang saku naik. Hal ini dapat membantu anak untuk lebih menghargai uang. Selain itu, anak juga akan belajar berhitung dan tentunya matematikanya tentu akan semakin baik.

5. Kemewahan melawan kebutuhan

Mengajarkan anak tentang kedua hal ini memang sangat krusial. Walaupun Anda harus menaikan uang saku tiap tahun, pastikan Anda memberinya tidak berlebihan. Berikan penilaian tentang pengeluaran mereka ketika membelanjakan sesuatu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...