Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

WinNetNews.com - Merasa kurang hidup alias mati gaya tanpa perangkat elektronik atau gadget di sekitar kamu? Bisa jadi kamu mulai memasuki tahap kecanduan gadget.

Harus diakui, di balik manfaatnya yang besar, beberapa gadget seperti laptop, smartphone, dan game konsol, bisa membuat penggunanya kecanduan. Dari sisi kesehatan, perangkat-perangkat ini bisa membuat kerusakan pada mata.

Beriku beberapa cara untuk mengatasinya:

Jauhkan Diri dari Gadget

Ketika kamu sedang mengerjakan sesuatu, seperti mengerjakan pekerjaan kantor, kampus, dan memasak di rumah, sebaiknya simpan gadget seperti smartphone di tempat yang susah dijangkau. Dengan begitu kamu bisa mengerjakan kesibukan itu lebih cepat dan efisien. Pasalnya, jika smartphone itu berada di dekat kamu akan merusak kesibukan dan membuat perhatian kamu teralihkan ke pesan-pesan yang berdatangan serta berbagai macam notifikasi.

Jika bekerja dengan laptop, jangan pernah mengecek situs-situs social media atau membuka aplikasi game. Jika perlu matikan koneksi internet, agar kamu lebih fokus dengan apa yang kamu kerjakan dibandingkan menjelajahi dunia maya tanpa arah.

Berolahraga

Cara paling menyehatkan dalam mengatasi kecanduan gadget adalah berolahraga. Keluarlah dari rumah dan menuju gym. Jika tidak, kamu bisa melakukan aktivitas ini di taman terdekat. Ingat, jangan pernah membawa smartphone ketika berolahraga. Gadget yang paling diperbolehkan selama melakukannya adalah MP3 player seperti iPod dan sejenisnya.

Bersih-bersih

Yang dimaksud bersih-bersih pada poin ini adalah melakukan hal-hal yang berkaitan dengan interior rumah atau kamar. Mungkin selama ini kamu selalu disibukkan dengan gadget-gadget kamu sehingga kebersihan menjadi sesuatu yang diabaikan. Dengan melakukan aksi bersih-bersih di dalam rumah, kamu tidak cuma menjaga suasana yang lebih menyehatkan tetapi juga melupakan sejenak ketergantungan kamu terhadap gadget. Selain itu, aktivitas ini dianggap ampuh untuk mengusir rasa bosan.

Membaca Buku

Saat ini banyak e-book yang beredar dan mungkin sudah tersedia di smartphone kamu. Tapi, secara batiniah membaca buku berbentuk fisik tetap memiliki seni tersendiri. Jika kamu malas membaca buku di rumah, cobalah kunjungi perpustakaan terdekat. Di sini kamu akan mendapatkan banyak kesenangan dibandingkan membaca buku di smartphone atau tablet.

 

Geluti Hobi

Punya hobi yang mulai terabaikan gara-gara bermain game Angry Birds dianggap lebih mengasyikan? Kini saatnya kamu kembali pada hobi kamu tersebut. Jika perlu bergabunglah dengan komunitas yang memiliki persamaan minat. Bertemu dengan orang-orang baru itu lebih menyenangkan daripada tersenyum sendirian sambil menatap layar smartphone.

Buang Aplikasi yang Adiktif

Carilah aplikasi yang paling sering kamu buka dan menyebabkan kamu kecanduan dan kurang produktif. Segera log-out dari aplikasi tersebut. Jika perlu, segera uninstall. Kamu tidak perlu menghabiskan setiap menit dari waktu luang kamu untuk mengintip aplikasi tersebut. Tataplah lingkungan sekitar, banyak hal-hal menarik di luar sana.

Nongkrong Bareng Teman

Jika kamu mulai termakan pameo 'teknologi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat', sebaiknya buatlah jadwal berkala untuk bertemu dengan teman, bisa itu teman masa sekolah atau bisa juga teman kantor. Pergilah bersama-sama untuk menonton film, konser, maupun sekedar menyeruput kopi sambil membicarakan hal-hal yang tidak penting. Ingat, jangan sesekali membuka smartphone yang kamu bawa.

Nikmatilah hidup, jauhilah gadget. Kamu akan lebih mengerti bahwa hidup di dunia nyata itu lebih indah dari apa yang ditawarkan di dunia maya. Dan, persahabatan kamu bersama mereka juga terlihat lebih nyata dibandingkan sekedar 'like' di Facebook. Jika kamu masih membaca artikel ini ketika nongkrong bersama mereka, segera tutup dan matikan smartphone kamu.

disadur dari jeruknipisdotcom