Cara Mengatasi Nyeri pada Sendi Kaki
ilustrasi

Cara Mengatasi Nyeri pada Sendi Kaki

Selasa, 7 Apr 2020 | 18:57 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Sendi merupakan tempat bertemunya dua tulang. Selain menjadi penghubung antar tulang, sendi juga membantu memudahkan tubuh bergerak. Maka ketika persendian terganggu oleh sebuah kondisi atau penyakit tertentu, aktivitas Anda pasti akan terganggu.

Apalagi jika nyeri sendi terasa pada kaki. Jangan meremehkan sendi kaki yang terasa sakit karena masalah ini bisa berpengaruh pada kesehatan Anda nantinya. Simak macam-macam penyebab nyeri sendi kaki dan cara mengatasi yang bisa dilakukan.

Penyebab nyeri sendi kaki

Dikutip dari Foot Health Facts, satu sisi kaki memiliki 26 tulang yang terhubung oleh lebih dari 30 sendi. Banyak orang mengalami rasa sakit yang melibatkan satu atau lebih dari persendian ini.

Penyebab nyeri sendi itu secara umum dapat dipicu oleh trauma, infeksi, atau peradangan kronis. Lantas, apa saja penyebab nyeri pada sendi kaki?

1. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah peradangan kronis yang menyebabkan pengapuran sendi. Pengapuran mengakibatkan persendian terasa nyeri dan kaku sehingga sulit digerakkan.

Penyakit ini terjadi akibat tulang rawan yang seharusnya melindungi ujung-ujung tulang dalam persendian menjadi aus dan mengalami kerusakan secara bertahap.

Osteoarthritis cenderung terjadi di usia 60 tahun ke atas. Namun, pengapuran sendi juga bisa mulai terjadi di sekitar 20-30 tahun terutama jika memiki berat badan berlebih.

Osteoarthritis terbilang cukup sulit disembuhkan. Bahkan pada kebanyakan kasus, pengapuran tidak bisa diperbaiki. Namun, ada banyak cara untuk mengendalikan gejala osteoarthritis.

2. Infeksi pada sendi

Penyakit infeksi yang menyerang persendian merupakan kondisi yang cukup serius dan bisa terasa menyakitkan. Bakteri yang masuk ke dalam sendi dapat membuat kerusakan tulang serta tulang rawan yang cepat.

Persendian kaki yang rawan terinfeksi adalah sendi pergelangan kaki. Gejala nyeri sendi kaki yang disebabkan oleh infeksi dapat berupa rasa sakit hebat, pembengkakan, kemerahan, dan juga kehilangan rentang gerak (kaki sulit digerakkan). Di samping itu, ada gejala-gejala penyerta seperti demam tinggi, menggigil, nyeri otot, dan kelelahan.

Sebaiknya, segera dapatkan pengobatan medis agar tidak terjadi cacat sendi kaki permanen.

3. Penyakit jaringan ikat

Penyakit jaringan ikat seperti fenomena Raynaud (Raynaud’s phenomenon) merupakan masalah peredaran darah yang menyebabkan aliran darah ke bagian ujung-ujung tubuh menjadi berkurang drastis.

Kondisi ini biasanya terjadi pada orang-orang yang bermukim di daerah beriklim dingin. Gejala yang dapat dirasakan adalah rasa nyeri, kulit kaki dan tangan memucat, dan lama-lama mati rasa (kebas/baal).

Tanpa pengobatan, minimnya aliran darah yang berlangsung lama dapat menyebabkan jaringan daerah yang terkena mengalami kerusakan permanen.

Selain karena pengaruh suhu rendah, komplikasi rematik pada kaki juga dapat menyebabkan fenomena Raynaud.

4. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis alias rematik adalah peradangan yang terjadi pada lapisan sendi. Peradangan ini menyebabkan sendi terasa nyeri, kaku, dan membengkak.

Persendian di kaki yang paling sering terdampak rematik adalah jari-jari kaki, pergelangan kaki dan lutut. Rematik juga dapat memengaruhi mata kaki.

Gejala rematik yang umum terjadi pada kaki adalah keusilitan berjalan, dan terasa hangat di sekitar sendi. Nyeri dan kekakuan sendi biasanya memburuk pada pagi hari setelah bangun tidur atau setelah duduk terlalu lama.

5. Asam urat

Penyakit asam urat (gout) adalah peradangan yang disebabkan oleh penumpukan serum asam urat dalam persendian.

Persendian kaki yang paling sering terkena asam urat adalah area pergelangan kaki, ibu jari (jempol, lutut, dan telapak kaki. Serum asam urat yang menumpuk dalam sendi lama-lama dapat mengkristal dan menyebabkan bengkak serta nyeri ketika kaki digerakkan. Rasa sakit pada sendi kaki akibat rematik dapat digambarkan sebagai rasa panas terbakar yang datang tiba-tiba

Gejala asam urat akut bisa berlangsung selama 3 – 10 hari.

6. Penyebab nyeri sendi kaki lainnya

Selain lima hal utama di atas, penyebab sendi kaki terasa sakit lainnya adalah:

  • Tulang rawan robek
  • Dislokasi
  • Cedera sendi, tulang, dan otot pada area kaki, misalnya akibat kecelakaan bermotor, jatuh, atau cedera saat olahraga.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...